Pengaruh Varian Produk, Servis Level dan Price Bundling terhadap Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.59422/global.v1i01.131Keywords:
Varian Produk, Servis Level, Price BundlingAbstract
Perkembangan dunia bisnis saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat,salah satunya bisnis dalam bidang makanan dan minuman. Terbukti dengan semakin banyaknya pembisnis baru yang sudah memasuki pasar dengan berbagai macam strategi yang digunakan untuk menarik minat konsumen sebanyak mungkin. Perusahaan tidak hanya berusaha menarik konsumen yang baru serta banyak oleh sebab itu perusahaan berusaha keras untuk mempertahankan pelanggan yang sudah mereka dapatkan. Bisnis perusahaan minuman dan makananan sekarang ini sedang marak-maraknya menawarkan berbagai macam produkĀ makanan/minuman yang ditawarkan dengan berbagai macam inovasi baru yang mampu mengambil hati para konsumen dan sudah tidak diragukan lagi mampu bersaing dipasar, karena masyarakat Indonesia sendiri pada dasarnya adalah mayoritas penggemar makanan dan minuman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah varian produk,servis level dan price bundling yang mempengaruhi loyalitas pelanggan PT Satria Buana Sakti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan populasi 150 dan pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel 55 responden. Untuk pengumpulan data meliputi observasi dan penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis Regresi linear berganda dan uji hipotesa. Dari hasil penelitian persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 1,603 + 0,042 X1 + 0,178 X2 + 0,529 X3. Dari analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa varian produk, servis level dan price bundling sebesar 67,6 %, sedangkan sisanya 32,4 % dipengaruhi oleh variabel lain