Pengaruh Pengalaman Pelanggan Online terhadap Loyalitas Pelanggan : Peran Mediasi Kepuasan dan Moderasi Kebiasaan Belanja Online
DOI:
https://doi.org/10.59422/lmp.v2i02.589Keywords:
Pengalaman Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kebiasaan Belanja OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman pelanggan terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan pada aplikasi Alfagift, dengan mempertimbangkan peran kebiasaan belanja online sebagai variabel moderasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei online terhadap 120 responden yang telah bertransaksi melalui Alfagift dalam 6 bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 3 untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan. Namun, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, variabel moderasi kebiasaan belanja online tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini menekankan pentingnya fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan sebagai strategi utama dalam membangun loyalitas pelanggan di era digital, khususnya dalam konteks aplikasi belanja online seperti Alfagift.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.
 
						 
							

