Pengaruh User Interface dan User Experience pada Customer Satisfaction dan implikasinya pada Intention To Continue To Use Tokopedia (Studi di Tangerang)

Authors

  • Sahri Sahri Universitas Dian Nusantara
  • Nur Endah Retno Wuryandari Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59422/lmp.v1i02.108

Keywords:

Technology Acceptance Model (TAM), User Interface (UI), User Experience (UX), Customer Satisfaction and Intention To Continue To Use

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna aplikasi marketplace di kota Tangerang untuk terus menggunakan aplikasi marketplace Tokopedia. Model yang diusulkan mencakup elemen-elemen dari Technology Acceptance Model (TAM). Populasi penelitian ini terdiri dari individu yang pernah menggunakan Tokopedia sebagai pengguna atau pembeli. Sampel penelitian terdiri dari responden yang berdomisili di kota Tangerang, berusia produktif, dan minimal sudah pernah menggunakan Tokopedia. Jumlah responden minimal sebanyak 155 responden.  Model persamaan struktural (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa User Interface (UI) dan User Experience (UE) tidak berpengaruh terhadap Intention To Continue To Use, User Interface (UI) dan User Experience (UE) berpengaruh terhadap Customer Satisfaction dan Customer Satisfaction berpengaruh terhadap Intention To Continue To Use.

Downloads

Published

2023-11-30