Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli (Studi pada Pengguna Tiktok Shop di Kabupaten Bekasi)
DOI:
https://doi.org/10.59422/lmp.v2i01.181Keywords:
tik tok shop, Minat Beli, Persepsi risiko, Kemudahan Penggunaan, KepercayaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang berperan dalam membentuk minat beli pengguna Tiktok Shop di Kabupaten Bekasi, yakni persepsi risiko, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap persepsi risiko.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menerapkan metode survei. Partisipan penelitian sejumlah 351 orang, dan data yang terkumpul dianalisis melalui pendekatan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menggambarkan bahwa persepsi risiko memiliki dampak negatif terhadap minat beli. Semakin tinggi persepsi risiko yang diterima oleh konsumen, semakin menurun minat beli mereka terhadap produk tersebut. Sebaliknya, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap persepsi risiko memberikan kontribusi positif terhadap minat beli. Semakin tinggi persepsi kemudahan penggunaan dan tingkat kepercayaan terhadap persepsi risiko oleh konsumen, semakin meningkat pula minat beli mereka terhadap produk tersebut. Persepsi risiko mempunyai pengaruh terhadap minat beli pengguna Tiktok Shop di Kabupaten Bekasi. Pengaruh kepercayaan terhadap kemudahan penggunaan terhadap minat beli tidak bisa dianggap signifikan berdasarkan hasil penelitian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.
