Strategi Peningkatan Kinerja UMKM Produk Minuman Mr. One Cabang Tuasan Berdasarkan Nilai- Nilai Manajemen Islam

Authors

  • Ali Ramadhan Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Ahmad Nadhira Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Ahmad Yudhira Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Syafriwel Syafriwel Universitas Tjut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.59422/global.v2i04.459

Keywords:

UMKM, produk minuman, mr one, Manajemen Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kinerja UMKM Produk Minuman Mr. One Cabang Tuasan berdasarkan nilai-nilai manajemen Islam. Penelitian ini berusaha mengidentifikasi dan menguji efektivitas penerapan nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, amanah, dan syariah dalam konteks manajemen dan operasional UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang dipilih karena dianggap tepat untuk meneliti secara mendalam penerapan nilai-nilai manajemen Islam dalam meningkatkan kinerja UMKM Produk Minuman Mr. One Cabang Tuasan. Lokasi penelitian adalah UMKM Produk Minuman Mr. One Cabang Tuasan yang berlokasi di Jl. Tuasan No.. 80, Sidorejo Hilir, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Data penelitian akan diperoleh dari dua sumber utama: observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam dalam manajemen dan operasional UMKM Produk Minuman Mr. One Cabang Tuasan telah membawa dampak positif secara signifikan. Nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, amanah, dan syariah tidak hanya mendukung keberhasilan operasional harian, tetapi juga memperkuat posisi kompetitif Mr. One.

Downloads

Published

2024-08-13