Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater di Kabupaten Bekasi

Authors

  • Ade Ningsih Wijaya Universitas Pelita Bangsa
  • Umi Hanik
  • Wulandari Wulandari
  • Nabila Nabila
  • Lisa Kustina

DOI:

https://doi.org/10.59422/global.v2i01.185

Keywords:

Shopee Paylater, Impluse buying, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko

Abstract

Perkembangan dunia digital telah mengubah cara sektor ritel dan keuangan beroperasi, terutama dalam perilaku belanja konsumen. E-commerce, yang telah menjadi bagian integral dari transformasi ini, menawarkan beragam opsi pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan konsumen, seperti metode paylater. Contohnya, Shopee sebagai platform e-commerce terbesar di ASEAN telah memperkenalkan fitur paylater bernama SPaylater, di mana jumlah pengunjung harian platform ini mencapai 33,27 juta. Tak hanya itu, pandangan terhadap risiko juga Memahami bagaimana pandangan terhadap tingkat kenyamanan penggunaan, kepercayaan, potensi risiko, dan keamanan dapat memainkan peran kunci dalam membentuk perilaku impulse buying bagi pengguna SPaylater. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari survei langsung terhadap 66 pengguna SPaylater di Kabupaten Bekasi. Metode analisis yang diterapkan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menyatakan mengenai bahwa kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan keamanan fitur SPaylater mampu mendorong perilaku impulse buying di kalangan pengguna di Kabupaten Bekasi.. Di samping itu, secara keseluruhan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, risiko, dan keamanan memiliki pengaruh positif pada perilaku impulse buying di antara pengguna SPaylater di Kabupaten Bekasi.

Downloads

Published

2024-02-12