Psychological Support Programs dan Job Security Assurance Terhadap Employee Resilience: Peran Mediasi Job Satisfaction
DOI:
https://doi.org/10.59422/global.v3i05.1071Keywords:
Psychological support programs, Job Security Assurance, Job Satisfaction, Employee Resilience, ManufakturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program psychological support programs dan job security assurance terhadap ketahanan karyawan employee resilience dengan job satisfaction sebagai variabel mediasi. Studi ini dilakukan pada karyawan perusahaan manufaktur di Kawasan Industri Kabupaten Bekasi, yang menghadapi tantangan kompleks di era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 133 responden. Data dianalisis menggunakan SEM berbasis Partial Least Squares dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological support programs dan job security assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee resilience; psychological support programs dan job security assurance juga berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction, job satisfaction terbukti memediasi hubungan antara kedua variabel independen dengan employee resilience. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan manufaktur untuk memperkuat program dukungan psikologis dan kebijakan jaminan keamanan kerja guna meningkatkan ketahanan karyawan melalui peningkatan kepuasan kerja. Penelitian ini juga berkontribusi pada literatur manajemen sumber daya manusia dengan mengkonfirmasi peran mediasi kepuasan kerja dalam konteks industri manufaktur di Indonesia serta menegaskan kebaruan penelitian dengan memperluas pemahaman tentang mekanisme psikologis dan struktural yang mendorong employee resilience pada periode pasca pandemi.

