DIPLOMASI KOMERSIAL JEPANG KE INDONESIA MELALUI PERUSAHAAN MULTINASIONAL JEPANG DI INDONESIA
DIPLOMASI KOMERSIAL JEPANG KE INDONESIA MELALUI PERUSAHAAN MULTINASIONAL JEPANG DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.59422/lmsdm.v2i02.360Kata Kunci:
Diplomasi Komersial; Jepang; Indonesia; Perusahaan MultinasionalAbstrak
ABSTRAKHubungan Jepang dan Indonesia telah terjalin selama lebih dari setengah abad, ditandai dengan berbagai strategi diplomasi yang diimplementasikan Jepang untuk memperkuat kemitraan. Tulisan ini berfokus pada analisis diplomasi komersial Jepang di Indonesia, meneliti upaya Jepang dalam memperkuat eksistensi perusahaan multinasionalnya di tengah era liberalisasi perdagangan dan pembangunan.Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Analisis dari tulisan ini akan menggunakan teori diplomasi komersial. Teori ini cukup komprehensif menerangkan mengenai berbagai aktivitas diplomasi komersial yang mencakup aktivitas perdagangan, investasi, dan pergerakan perusahaan dengan dorongan negara. Melalui proses analisis dan interpretasi data, maka hasil penelitian ini adalah Jepang berupaya mempertahankan eksistensinya sebagai mitra dagang dan bisnis melalui operasionalisasi berbagai perusahaan multinasionalnya di Indonesia. Multinational Corporation (MNC) Jepang menjalin kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pelaku usaha di Indonesia hingga akademisi. Hasil penelitian ini penting untuk menjadi acuan penelitian selanjutnya seputar diplomasi komersial.