Analisis Dampak Sistem Penghargaan Terhadap Kesejahteraan Dosen: Perspektif Manajemen Institusi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.59422/lmsdm.v2i02.352Keywords:
Sistem Penghargaan, Kesejahteraan, Manajemen Pendidikan IslamAbstract
Studi ini mengeksplorasi implementasi sistem penghargaan dan perhatian terhadap kesejahteraan dosen dalam konteks manajemen pendidikan modern. Berdasarkan pendekatan literatur review, penelitian ini mengungkap bahwa sistem penghargaan yang transparan dan adil meningkatkan kepuasan kerja dosen, mendorong inovasi dalam pengajaran dan penelitian, serta memperkuat retensi dosen. Integrasi temuan neurosains, seperti peran dopamin dalam respons terhadap insentif, mendukung strategi manajemen pendidikan yang lebih holistik dan adaptif. Implikasi ini juga menyoroti pentingnya kesejahteraan fisik dan psikologis dalam menciptakan lingkungan akademik yang mendukung pertumbuhan profesional yang berkelanjutan. Dengan demikian, studi ini menawarkan wawasan komprehensif untuk merancang strategi manajemen efektif guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan dosen secara keseluruhan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.