Peningkatan Kesadaran Dampak Gadget terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59422/djpl.v2i06.969Keywords:
Dampak Gadget, Pembelajaran, Sekolah DasarAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengintegrasikan penggunaan gadget ke dalam proses pembelajaran siswa Sekolah Dasar (SD), membawa dampak positif dan negatif yang signifikan. Kegiatan ini bertujuan menganalisis dampak tersebut dan efektivitas intervensi coaching dalam meningkatkan pemahaman dan perilaku siswa terkait penggunaan gadget. Kegiatan dilakukan melalui pendekatan edukatif yang melibatkan penyuluhan, diskusi interaktif, serta evaluasi pemahaman siswa. Kegiatan di SDN Sukadami 01 menunjukkan hasil yang jelas: peningkatan pemahaman siswa tentang dampak gadget dari 40 % (pre-test) menjadi 80 % (post-test). Siswa juga mampu menyampaikan langkah praktis seperti membatasi waktu, memilih aplikasi edukatif, istirahat mata, dan mengutamakan aktivitas fisik serta interaksi sosial.