Peran Pendampingan KonsePeran Pendampingan Konselor dalam Mengatasi Tantangan Layanan BK di Lingkungan Inklusilor dalam Mengatasi Tantangan Layanan BK di Lingkungan Inklusi

Authors

  • Siti Juariah Universitas Pelita Bangsa
  • Yuan Badrianto Universitas Pelita Bangsa
  • Rini Setyowati Universitas Pelita Bangsa
  • Kisanda Midisen Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i06.912

Keywords:

Konselor, Bimbingan dan Konseling, Inklusi, Pendampingan, Tantangan Layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendampingan konselor dalam menghadapi tantangan layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di lingkungan pendidikan inklusi. Layanan BK di sekolah inklusi memiliki kompleksitas tersendiri, terutama dalam menangani kebutuhan siswa berkebutuhan khusus yang memiliki latar belakang, kemampuan, dan karakteristik yang beragam. Pendampingan konselor menjadi aspek krusial untuk meningkatkan efektivitas layanan, mulai dari pengembangan program, pelaksanaan teknik konseling yang adaptif, hingga kolaborasi dengan guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara terhadap konselor sekolah inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan konselor mampu memberikan ruang reflektif, penguatan profesional, serta strategi konkret dalam menghadapi hambatan layanan. Kesimpulannya, peran pendampingan konselor sangat penting dalam membentuk sistem BK yang responsif, inklusif, dan berkeadilan di lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2025-06-04

Issue

Section

Articles