Penguatan Pemahaman Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Langsung (Direct Instruction Learning)

Authors

  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa
  • Bramianto Setiawan Universitas Pelita Bangsa
  • Listian Indriyani Achmad Universitas Pelita Bangsa
  • Syifani Nur Aliifah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i06.909

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Project P5, Direct Instruction Learning

Abstract

Penguatan pemahaman terhadap Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan langkah strategis dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam membentuk karakter siswa secara menyeluruh. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang serta mengimplementasikan proyek P5 melalui pendekatan Direct Instruction Learning. Metode pelaksanaan berupa sosialisasi dan pelatihan intensif yang dilaksanakan dalam satu hari dengan pendekatan partisipatif, melibatkan guru-guru dari berbagai jenjang pendidikan.Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, serta kemampuan dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam rancangan pembelajaran berbasis proyek secara lebih sistematis dan terarah. Pendekatan pembelajaran langsung dinilai efektif dalam memberikan struktur dan kejelasan bagi siswa, terutama dalam memahami dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila. Meskipun kegiatan dilakukan dalam waktu singkat, dampaknya cukup signifikan dalam membangun kesiapan guru untuk menerapkan P5 di kelas.Kegiatan ini menyimpulkan bahwa pelatihan singkat yang dirancang dengan pendekatan praktis dan aplikatif dapat memberikan hasil yang optimal, terutama dalam meningkatkan kapasitas pendidik. Diperlukan tindak lanjut berupa pendampingan dan pengembangan komunitas belajar untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas implementasi P5 di lingkungan satuan pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-04

Issue

Section

Articles