Peran Literasi Keuangan, Kecendurungan Konsumtif, dan Orientasi Masa Depan dalam Mempengaruhi Pengelolaan Keuangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.59422/margin.v3i02.760Keywords:
Literasi Keuangan, Kecenderungan Konsumtif, Orientasi Masa Depan, Pengelolaan Keuangan Mahasiswa, Regresi Linier BergandaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, kecenderungan konsumtif, dan orientasi masa depan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Latar belakang penelitian didasari oleh fenomena rendahnya kemampuan pengelolaan keuangan di kalangan mahasiswa, meskipun terdapat pemahaman mengenai literasi keuangan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada 50 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda, dengan pengujian uji t untuk melihat pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial, uji F untuk pengaruh simultan, serta analisis koefisien determinasi (R²) untuk mengetahui seberapa besar variabel independen dapat menjelaskan variasi pada pengelolaan keuangan mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, literasi keuangan, kecenderungan konsumtif, dan orientasi masa depan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa (p < 0,05) dengan nilai R² sebesar 56,1%, yang artinya kombinasi variabel tersebut mampu menjelaskan 56,1% variasi dalam pengelolaan keuangan. Namun, jika dilihat secara parsial, hanya variabel kecenderungan konsumtif yang memberikan pengaruh signifikan (p = 0,001), sedangkan literasi keuangan dan orientasi masa depan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa.
Temuan ini mengindikasikan perlunya integrasi antara pengetahuan literasi keuangan dengan penerapan praktis pengelolaan keuangan guna mengurangi perilaku konsumtif yang berdampak negatif terhadap keuangan pribadi mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan dan pihak terkait dalam menyusun program pembinaan keuangan yang lebih komprehensif guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di kalangan mahasiswa.
This study aims to examine the influence of financial literacy, consumerist tendencies, and future orientation on students' financial management. The research is motivated by the phenomenon of poor financial management among students, despite their understanding of financial literacy. A quantitative research method was employed, and data were collected through questionnaires distributed online to 50 students from the Faculty of Economics and Business at Universitas Pelita Bangsa. Data analysis was conducted using multiple linear regression, including t-tests to assess the individual effects of the independent variables, an F-test to evaluate the simultaneous effects, and the coefficient of determination (R²) to determine the extent to which the independent variables explain the variation in students' financial management.
The results indicate that, simultaneously, financial literacy, consumerist tendencies, and future orientation significantly affect students' financial management (p < 0.05) with an R² value of 56.1%, meaning that the combination of these variables explains 56.1% of the variation in financial management. However, when examined individually, only consumerist tendencies have a significant effect (p = 0.001), while financial literacy and future orientation do not significantly influence financial management.
These findings suggest the need for an integration of financial literacy knowledge with practical financial management applications to reduce consumerist behaviors that negatively impact students' personal finances. The results of this study are expected to serve as a reference for educational institutions and other stakeholders in developing more comprehensive financial guidance programs to improve the quality of financial management among students.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salimdo, Martin Azi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.