Peran Pembayaran Mobile Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna Dengan Mediasi Kemudahan Transaksi Dan Moderasi Prefensi Konsumen Terhadap Teknologi

Authors

  • Intan Pratiwi Universitas Pelita Bangsa
  • Lovina Dian Maharani Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Ela Nurlaela Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/margin.v2i02.584

Keywords:

Pembayaran mobile, Kepuasan pengguna, Kemudahan transaksi, Preferensi teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pembayaran mobile dalam meningkatkan kepuasan pengguna, dengan mempertimbangkan kemudahan transaksi sebagai variabel mediasi dan preferensi konsumen terhadap teknologi sebagai variabel moderasi. Studi kasus ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa (UPB). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembayaran mobile memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kemudahan transaksi terbukti berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara penggunaan pembayaran mobile dan kepuasan pengguna. Selain itu, preferensi konsumen terhadap teknologi memoderasi hubungan tersebut, dimana preferensi yang tinggi terhadap teknologi memperkuat efek positif dari pembayaran mobile terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembang teknologi pembayaran dan institusi pendidikan dalam meningkatkan adopsi dan kepuasan pengguna melalui peningkatan kemudahan transaksi dan penyesuaian terhadap preferensi teknologi konsumen.

Downloads

Published

2025-01-29