Analisis Strategi dalam Menghadapi Pembiayaan Bermasalah pada PT. Bank Muamalat Pusat
DOI:
https://doi.org/10.59422/margin.v1i01.31Keywords:
Penanganan, Pembiayaan Bermasalah, Strategi PT. Bank Muamalat PusatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci apa saja yang menyebabkan pembiayaan bermasalah terjadi di PT. Bank Muamalat Pusat serta apa saja strategi yang digunakan PT. Bank Muamalat Pusat dalam menangani pembiayaan bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan analisis data menggunakan analisis SWOT. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berada di divisi Resktrukturisasi dan Penyehatan Pembiayaan dan Divisi Penyelesaian dan Litigasi yang memiliki peran dalam penanganan pembiayaan bermasalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanganan pembiayaan bermasalah di PT. Bank Muamalat Pusat terdiri dari strategi pencegahan yaitu dengan menggunakan metode stay approach dan phase out approach dengan dua kategori, yaitu soft approach dan hard approach. Untuk strategi penanganan pembiayaan bermasalah dilakukan melalui reschedulling, reconditioning dan restructuring; penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan cara novasi atau take over, subrogasi, kompensasi dan likuidasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.
