Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat : Perspektif Pajak
DOI:
https://doi.org/10.59422/margin.v1i02.121Keywords:
Daya Beli, Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang.Abstract
Sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang emisi dalam pencemaran udara. Di kenakannya pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah dan pajak kendaraan bermotor tarif progresif diharapkan mampu mengendalikan daya beli kendaraan bermotor roda empat dan bijak memilih kendaraan untuk mengurangi pencemaran udara. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, dan tarif progresif terhadap daya beli konsumen kendaraan bermotor roda empat di DKI Jakarta. Teknik pemngambilan sampel menggunakan puposive sampling, menghasilkan 100 responden konsumen kendaraan bermotor roda empat sebagai sampel. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regersi berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) dan uji F (simultan) menunjukkan bahwa pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, dan pajak kendaraan bermotor berpengaruh positif signifikan terhadap daya beli.