Pemberdayaan Warung Padang Melalui Pengabdian Edukatif dan Partisipatif Berbasis Budaya Lokal

Authors

  • Yuki Dwi Darma Universitas Pelita Bangsa
  • Parulian Parulian Universitas Pelita Bangsa
  • Pujiharta Pujiharta Universitas Pelita Bangsa
  • Emmelia Tan Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i03.968

Keywords:

Warung Padang, Kewirausahaan, UMKM, Pengabdian masyarakat, Inovasi, Digitalisasi Usaha

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan pelaku usaha warung Padang melalui pendekatan edukatif dan partisipatif oleh dosen Universitas Pelita Bangsa. Warung Padang sebagai usaha kuliner tradisional menghadapi tantangan seperti lemahnya manajemen, kurangnya inovasi, rendahnya pemanfaatan teknologi digital, serta keterbatasan legalitas dan akses permodalan. Melalui pelatihan, pendampingan, dan monitoring terhadap para pelaku usaha, peserta dibekali keterampilan praktis dalam pengelolaan keuangan, diversifikasi menu, pemasaran digital, dan pengurusan legalitas. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, workshop, coaching individual, dan evaluasi partisipatif. Hasil menunjukkan peningkatan dalam pencatatan keuangan, adopsi strategi promosi digital, serta inovasi produk seperti bento Padang. Beberapa pelaku usaha juga mulai mengurus legalitas dan mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program ini menunjukkan bahwa kolaborasi perguruan tinggi dan UMKM dapat menjadi strategi efektif dalam pemberdayaan usaha kecil berbasis budaya secara berkelanjutan.

References

Chandra, J. A., Elsty, K., Azhari, K. N., Kuliner, S., Pradita, U., & Selatan, T. (2025). Nasi Padang Instan Plant-Based : Menyajikan Tradisi dengan Sentuhan Inovasi. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.37817/jurnalinovasikewirausahaan.v1i3

Darma, Y. D., Harta, P., Parulian, P., & Tan, E. (2025). Meningkatkan Penjualan UMKM Pada UMKM Fresh Cake Rohmawati Di Desa Sukaraya. Jurnal Lentera Pengabdian, 03(01), 20–26.

Darma, Y. D., Parulian, P., Hartati, N., Pujiharta, P., & Tan, E. (2023). Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Desa Bilqis Cake & Cookies. Jurnal Lentera Pengabdian, 01(04), 438–443.

Delfira, A. F., Yuliarman, P., Baihaqi, M., & Muda, L. (2025). Analisis Permasalahan Perkembangan UMKM Terhadap Perekonomian di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen (EBISMEN), 4(1), 167–180.

Han, S., Xun, H., Xie, B., Zeng, M., & Maharjan, D. (2025). Why and when entrepreneurs with calling perform better? The effects of calling and money motivation on entrepreneurial performance. Humanities and Social Sciences Communications, 5(2025), 1–8. https://doi.org/10.1057/s41599-025-04612-6

Hasibuan, I. M., & Marliyah. (2024). MENENGAH ( UMKM ) DARI LEMBAGA KEUANGAN OBSTACLES OF ACCESSIBILITY OF FINANCING FOR MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES ( MSMEs ) FROM FINANCIAL. Jurnal Manajemen, 3(1), 16–24.

Mardatillah, A., & Rosmayani. (2023). Keunggulan Bersaing Pada Usaha Rumah Makan Padang di Pekanbaru Berbasiskan Kearifan Lokal. Dinamika Lingkungan Indonesia, 10(2), 1–8. https://doi.org/10.31258/dli.10.2.p.

Marsadi, A., Silvia, A., Afuani, N., & Nurfallah, A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Makan Padang di Sekitar Lingkar Kampus IBI KOSGORO 1957. Mediastima, 26(1), 18–39.

Silaban, C. J., Sitanggang, D., Liandi, V. V., Annisa, K., W, Y. Y., Maulinda, R., & Manalu, R. (2023). Memperluas Usaha Kuliner Nasi Padang di Negara Australia Tinjauan Pustaka. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(November), 103–111.

Skaggs, R., Burke, M. J., Hoppe, E. J., & Cooksey, E. C. (2025). Arts Entrepreneurial Work in Changing Contexts Sustaining Creative Life and Work after COVID-19. Journal of Entrepreneurship in the Art, 13(4), 1–21.

Suresh, R. V, Ali, C. M. C., Alshebami, S., Handhal, S., & Marri, A. (2025). Transforming lives : the power of entrepreneurial motivation , bricolage , and mobile payments in strengthening livelihoods for micro ‑ entrepreneurs. Discover Sustainability, 6(154), 1–32. https://doi.org/10.1007/s43621-025-00922-6

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). Jurnal KIAT, 29(1), 1–10.

Yábar, D. C. P., & José, J. (2025). Competences that affect the gastronomic entrepreneur for a proper business management. International Entrepreneurship and Management Journal, 21, 1–34. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11365-024-01041-w

Downloads

Published

2025-08-01

Issue

Section

Articles