Penguatan Literasi Keamanan Informasi bagi Siswa SMA Melalui Seminar Edukatif Interaktif Berbasis Forensik Digital

Authors

  • Didit Suhartono Universitas Amikom Purwokerto
  • Nurfaizah Nurfaizah Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i03.942

Keywords:

Seminar Interaktif, Forensik Digita, Siswa SMA

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat tidak selalu diimbangi dengan literasi keamanan informasi yang memadai, khususnya di kalangan pelajar tingkat menengah atas. Minimnya pemahaman terhadap ancaman digital seperti phishing, malware, dan pencurian data menjadikan siswa SMA kelompok yang rentan terhadap risiko siber. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keamanan informasi siswa SMA melalui seminar edukatif interaktif. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan andragogi, meliputi penyampaian materi berbasis visual dengan empat topik utama: konsep keamanan informasi, ancaman digital, pengenalan hacking, dan pengantar digital forensic. Kegiatan ini diikuti oleh 285 siswa kelas akhir di SMA Negeri 1 Purwokerto. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta menunjukkan keterlibatan aktif, terutama pada sesi diskusi, yang mencerminkan tingginya minat dan relevansi materi terhadap kehidupan digital mereka. Meskipun tidak disertai evaluasi kuantitatif, respons peserta memberikan indikasi bahwa pendekatan interaktif berbasis konteks lokal efektif dalam membangun kesadaran keamanan siber. Kegiatan ini direkomendasikan untuk direplikasi secara berkelanjutan, serta dikembangkan dalam bentuk pelatihan lanjutan dan integrasi kurikulum guna memperkuat ekosistem literasi digital di lingkungan SMA.

References

Amelia, T. F., Gulo, F., Susanti, L. R. R., & Safitri, E. R. (2024). Pendidikan Komparatif Indonesia Dan Uruguay: Pendekatan, Metode, Evaluasi, Keterlibatan Siswa, Penggunaan Teknologi, Dan Tantangannya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(4), 1645–1651. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.885

Azizah, N., & Jemain, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran Dan Teknologi, 1(4), 165–170.

Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., Patty, N. S., Pgpaud, P. S., Loura, K., Sumba, K., Daya, B., & Timur, N. T. (2024). Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 193–198.

Choirunisa’, C. (2021). Implementasi Layanan Informasi Menggunakan Media Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Pemahaman Program Peminatan Siswa Sma. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.18326/pamomong.v2i2.115-124

databoks.katadata.co.id. (2024). Pemerintahan, Sektor Paling Rentan Insiden Siber. Databoks.Katadata.Co.Id.

eduwara.com. (2023). Diusulkan Masuk Kategori Vital, Sektor Pendidikan Harus Dilindungi. Eduwara.Com.

Endoh, J. T. G., Rompas, P. T. D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa SMP. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 505–517. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5811

Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. E. (2023). Strategi Partisipatif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Biodik, 9(3), 86–101. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.15746

Hidayat, S., Silvanie, A., Permanan, D. S. P., & Kristantini, R. A. (2023). Bimbingan Teknis Menjaga Keamanan Data di Era Digital pada Siswa SMA “ Waspada Ancaman Phising". SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49–52. https://doi.org/10.31949/jsk.v1i2.6798

Husodo, S. L., Herlambang, A. D., & Hariyanti, U. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif AhaSlides terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemrogaman Dasar pada Konteks Metode PEmbelajaran Problem Based Learning. 1(1), 1–11. https://ojs.unimal.ac.id/relativitas/article/view/5257/2868

Sugeng, S., Fitria, A., & Rohman, A. N. (2022). Promoting Digital Literacy for The Prevention of Risk Behavior in Social Media for Adolescents. Jurnal Keamanan Nasional, 8(1), 114–139. https://doi.org/10.31599/jkn.v8i1.547

Suhartini, C., Setiawan, I., & Darsih, E. (2024). Pelatihan Literasi Digital : Meningkatkan Kemampuan Remaja Dalam Menghadapi Tantangan Digital di TBM Hipapelnis Desa Kalimanggiskulon. 03, 1–8.

Downloads

Published

2025-08-01

Issue

Section

Articles