Respon UMKM Ketoprak terhadap Kenaikan Harga Bahan Baku: Implikasi terhadap Minat Beli Konsumen

Authors

  • Ayu Cahya Riani Universitas Pelita Bangsa
  • Ardianti Rukmana Universitas Pelita Bangsa
  • Nazwa Safira Universitas Pelita Bangsa
  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i03.937

Keywords:

Bahan baku, Kenaikan harga, MInat Pembeli, UMKM, Strategi Adaptasi

Abstract

Di Indonesia belakangan ini sering terjadinya kenaikan harga bahan baku, hal ini memberikan dampak signifikan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang bergerak dibidang makanan. Salah satu UMKM yang terdampak adalah ketoprak, dimana ketoprak menggunakan bahan baku utama seperti cabe, beras dan kacang yang mana harganya mengalami kenaikan. Akibatnya, pelaku UMKM ini menaikkan harga jualnya, yang menyebabkan menurunnya jumlah pembeli, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga bahan baku terhadap minat pembeli pada UMKM ketoprak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dilaksanakan melalui wawancara langsung kepada pelaku UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen sangat sensitif pada perubahan harga dan hal ini berpengaruh terhadap minta beli pada UMKM ketoprak. Oleh karena itu, pelaku UMKM ketoprak ini memutuskan untuk tidak menaikkan harga dan tetap menjaga kualitas produk serta porsi produk guna mempertahankan loyalitas pelanggan. Temuan ini menyoroti bentuk adaptasi yang dilakukan UMKM melalui strategi efisiensi internal tanpa mengorbankan kualitas, yang menjadi intervensi kunci dalam mempertahankan minat pembeli. Kontribusi praktis dari penelitian ini terletak pada penyediaan insight bagi pelaku UMKM dalam merumuskan strategi harga saat terjadi gejolak biaya, serta menambah perspektif literatur terkait respons mikro bisnis terhadap inflasi bahan baku.

References

Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9iNo.1.307

Apriliani, R. Aj. EP. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687

Desi, E., Sri, A., & Astuti, R. T. (2011a). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 13, Issue 1). https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45

Desi, E., Sri, A., & Astuti, R. T. (2011b). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 13, Issue 1). https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45

Farid, M., & Ishari, N. (2021). Pengaruh Kenaikan Harga Beras terhadap Kualitas Produk Warung Makan Milik Orang Muslim di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Jurnal Istiqro, 7(1), 109. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i1.763

Kurniawan, R., & Ali, A. (2020). PENERAPAN METODE JUST IN TIME (JIT) DALAM MENGENDALIKAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. JOHAN SENTOSA BANGKINANG. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, Volume 2, No.1, 11–19. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3337143&val=29334&title=PENERAPAN+METODE+JUST+IN+TIME+JIT+DALAM+MENGENDALIKAN+PERSEDIAAN+BAHAN+BAKU+PADA+PABRIK+KELAPA+SAWIT+PKS+PT+JOHAN+SENTOSA+BANGKINANG

Meli, N., Arifin, D., & Sari, S. (2022). PENGARUH MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN GENUSIAN CARD. SENAKOTA, Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 1–11.

Nuralan, S., BK, M., & Haslinda. (2022a). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes/article/view/4

Nuralan, S., BK, M., & Haslinda. (2022b). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes/article/view/4/2

Rachmawati, R. (2014). PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (SEBUAH KAJIAN TERHADAP BISNIS MAKANAN) (Vol. 1, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/teknobuga/article/view/6404/4857

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Satria, A. A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. PERFORMA, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.37715/jp.v2i1.436

Sulaeman. (2023). PERBANDINGAN TINGKAT PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI DAN PASCA COVID-19 (Studi Kasus Di Objek Wisata Loang Baloq Kota Mataram). JEMBA Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol.2, No.4, 431–444. https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/6072/4577

Zahra Firdausya, L., Perwira Ompusunggu, D., & kunci, K. (2023). USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA DIGITAL ABAD 21 MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) THE DIGITAL AGE OF THE 21 ST CENTURY. TALIJAGAD, 2023(3), 14–18. https://journal.unusida.ac.id/index.php/tali-jagad/index|e

Downloads

Published

2025-08-01

Issue

Section

Articles