Respon UMKM Ketoprak terhadap Kenaikan Harga Bahan Baku: Implikasi terhadap Minat Beli Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v3i03.937Keywords:
Bahan baku, Kenaikan harga, MInat Pembeli, UMKM, Strategi AdaptasiAbstract
Di Indonesia belakangan ini sering terjadinya kenaikan harga bahan baku, hal ini memberikan dampak signifikan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang bergerak dibidang makanan. Salah satu UMKM yang terdampak adalah ketoprak, dimana ketoprak menggunakan bahan baku utama seperti cabe, beras dan kacang yang mana harganya mengalami kenaikan. Akibatnya, pelaku UMKM ini menaikkan harga jualnya, yang menyebabkan menurunnya jumlah pembeli, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga bahan baku terhadap minat pembeli pada UMKM ketoprak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dilaksanakan melalui wawancara langsung kepada pelaku UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen sangat sensitif pada perubahan harga dan hal ini berpengaruh terhadap minta beli pada UMKM ketoprak. Oleh karena itu, pelaku UMKM ketoprak ini memutuskan untuk tidak menaikkan harga dan tetap menjaga kualitas produk serta porsi produk guna mempertahankan loyalitas pelanggan. Temuan ini menyoroti bentuk adaptasi yang dilakukan UMKM melalui strategi efisiensi internal tanpa mengorbankan kualitas, yang menjadi intervensi kunci dalam mempertahankan minat pembeli. Kontribusi praktis dari penelitian ini terletak pada penyediaan insight bagi pelaku UMKM dalam merumuskan strategi harga saat terjadi gejolak biaya, serta menambah perspektif literatur terkait respons mikro bisnis terhadap inflasi bahan baku.
References
Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9iNo.1.307
Apriliani, R. Aj. EP. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687
Desi, E., Sri, A., & Astuti, R. T. (2011a). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 13, Issue 1). https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45
Desi, E., Sri, A., & Astuti, R. T. (2011b). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 13, Issue 1). https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45
Farid, M., & Ishari, N. (2021). Pengaruh Kenaikan Harga Beras terhadap Kualitas Produk Warung Makan Milik Orang Muslim di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Jurnal Istiqro, 7(1), 109. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i1.763
Kurniawan, R., & Ali, A. (2020). PENERAPAN METODE JUST IN TIME (JIT) DALAM MENGENDALIKAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. JOHAN SENTOSA BANGKINANG. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, Volume 2, No.1, 11–19. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3337143&val=29334&title=PENERAPAN+METODE+JUST+IN+TIME+JIT+DALAM+MENGENDALIKAN+PERSEDIAAN+BAHAN+BAKU+PADA+PABRIK+KELAPA+SAWIT+PKS+PT+JOHAN+SENTOSA+BANGKINANG
Meli, N., Arifin, D., & Sari, S. (2022). PENGARUH MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN GENUSIAN CARD. SENAKOTA, Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 1–11.
Nuralan, S., BK, M., & Haslinda. (2022a). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes/article/view/4
Nuralan, S., BK, M., & Haslinda. (2022b). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes/article/view/4/2
Rachmawati, R. (2014). PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (SEBUAH KAJIAN TERHADAP BISNIS MAKANAN) (Vol. 1, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/teknobuga/article/view/6404/4857
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Satria, A. A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. PERFORMA, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.37715/jp.v2i1.436
Sulaeman. (2023). PERBANDINGAN TINGKAT PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI DAN PASCA COVID-19 (Studi Kasus Di Objek Wisata Loang Baloq Kota Mataram). JEMBA Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol.2, No.4, 431–444. https://bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/6072/4577
Zahra Firdausya, L., Perwira Ompusunggu, D., & kunci, K. (2023). USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA DIGITAL ABAD 21 MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) THE DIGITAL AGE OF THE 21 ST CENTURY. TALIJAGAD, 2023(3), 14–18. https://journal.unusida.ac.id/index.php/tali-jagad/index|e
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Cahya Riani, Ardianti Rukmana, Nazwa Safira, Pupung Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.
