Optimalisasi Ekspansi UMKM Melalui Pelatihan Technopreneur Berbasis E-Commerce dan Media Sosial

Authors

  • Lyra Aprilia Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Zahra Aulianur Widayat Universitas Pelita Bangsa
  • Depi Nurmalasari Universitas Pelita Bangsa
  • Dian Kartika Dewi Universitas Pelita Bangsa
  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i03.915

Keywords:

MSMEs, E-Commerce, ShopeeFood, Media Sosial, Literasi Digital

Abstract

UMKM memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kontribusi sebesar 90%, serta memberikan sumbangan pada Pendapatan Daerah Bruto (PDB) sebesar 61% dan menyerap tenaga kerja hingga 97%. Pada tingkat kabupaten, Bekasi adalah salah satu wilayah dengan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang cukup signifikan yaitu sebesar 23.795. Namun, meskipun potensinya besar, belum semua UMKM mampu memaksimalkan manfaat dari teknologi digital dalam usahanya, salah satunya adalah “Rajanya Bubur Ayam Cianjur”. Oleh karena itu, dilakukanlah kegiatan pengabdian kepada UMKM yang dituju sebagai upaya untuk membantu meningkatkan literasi digital dan mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis E-Commerce ShopeeFood dan media sosial Instagram. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan melalui beberapa langkah-langkah terstruktur yang diawali dengan tahap survei dan koordinasi awal, persiapan, wawancara & sosialisasi, hingga pelaksanaan. Secara keseluruhan, pelatihan Technopreneur yang berfokus pada E-Commerce ini memberikan dampak positif bagi UMKM “Rajanya Bubur Ayam Cianjur” dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas usaha. Dengan memanfaatkan platform ShopeeFood, pelaku usaha dapat mengakses pasar yang lebih luas dengan cara yang praktis dan efisien. Di sisi lain, media sosial Instagram juga dimanfaatkan sebagai alat promosi yang efisien untuk membangun kesadaran merek, menarik pelanggan baru, serta meningkatkan interaksi dengan konsumen. Keberhasilan pelatihan ini menjadi dasar penting untuk replikasi kegiatan sejenis di UMKM lain yang memiliki permasalahan serupa dalam transformasi digital.

References

Aini, N., & Alimuddin, F. (2023). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Pada Bisnis Catering Pedesaan di Leworeng Kab. Soppeng. Economics and Digital Business Review, 4(2), 132–143.

Anggit Wicaksana, D., Wahyu Christanto, F., & Novita Putri, A. (n.d.). PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI SHOPEE PARTNER DALAM OPTIMALISASI PENJUALAN KAMPUNG JAWI SEMARANG. In Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (Vol. 2).

Anisa, N., & Lubis, R. (2024). Membangun Ekosistem E-Commerce yang Inklusif: Analisis Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Platform Penjualan Produk UMKM dengan Dukungan GPN. 1(4), 25–29. https://doi.org/10.61722/jaem.v1i4.3117

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92–101.

Badan Pusat Statistik. (2025). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2025.

Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SUATU BISNIS: LITERATURE REVIEW. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121

Indonesia, K. (2023). UMKM Indonesia. Kadin Indonesia. Kadin Indonesia. Available at: Https://Kadin. Id/Data-Dan-Statistik/Umkm-Indonesia.

Pradana, A. K., Hardiyanti, M. T., Isnuitama, Z. A. R., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Darmawan, D., Hardyansah, R., & Negara, D. S. (2024). Pengembangan UMKM dengan cara branding dan pembuatan akun media sosial Instagram di Desa Tambak Lekok, Desa Jatirejo dan Desa Tampung. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 2(4), 110–127.

Saadillah, D., Nadhirah, A., Nizar, A., Ardi, A., Kurniawati, D., Eka, F., Pratama, A., Agribisnis, J. M., & Jember, P. N. (2025). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM di Perumahan Tegal Besar Permai II Kabupaten Jember Utilization of Digital Marketing in MSMEs in the Tegal Besar Permai II Housing Complex, Jember Regency. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.30651/aks.v9i1.16517

Downloads

Published

2025-08-01

Issue

Section

Articles