Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Qiroati (di TPQ Ummul Quro Sukaragam)
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.82Keywords:
Baca Tulis, AL-Qur’an, QiroatiAbstract
Pengajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipelajari oleh setiap orang Islam karena merupakan salah satu cara memahami Al-Qur’an dengan baik, dan ada kaitannya dengan ibadah ritual seperti shalat, haji dan doa. Dalam belajar membaca ataupun menulis Al-Qur’an tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus melalui tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pengajaran baca tulis AL-Qur’an juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat. Metode Qiroati merupakan salah satu metode yang secara langsung tanpa dieja dan membiasakan membaca secara tartil sesuai kaidah ilmu tajwid. Dari hasil pengabdian peserta merasa puas dan senang dengan kehadiran tim PKM Universitas Pelita Bangsa. Antusias dan semangat ditunjukan oleh para peserta ketika kegiatan berlangsung
References
Anwar dan Arsyad Ahmad. (2004). Pendidikan Anak Dunia Dini. Bandung : PT Afabeta.
Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah, 8(1), 19-29.
Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redevisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.
Muhammad, D. H. (2019). Upaya peningkatan baca tulis al-quran melalui metode qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142-162.
Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafidz. (2003). Mendidik Anak Bersama Nabi, Terjemahan Salafuddin Abu Sayyid. Solo: Pustaka Arafah.
Sunandar, A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Remaja dengan Metode Qiroati. Khidmat, 1(1), 1-8.
Zulianah, E., Muchtar, N. E. P., & Robikhah, A. S. (2022). Peningkatan Kemahiran Menulis Arab Melalui Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(3), 277-290.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nenda Nenda, Saiful Muktiali, Sarwo Edy
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.