Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Qiroati (di TPQ Ummul Quro Sukaragam)

Authors

  • Nenda Nenda Universitas Pelita Bangsa
  • Saiful Muktiali Universitas Pelita Bangsa
  • Sarwo Edy Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.82

Keywords:

Baca Tulis, AL-Qur’an, Qiroati

Abstract

Pengajaran  baca  tulis  Al-Qur’an  merupakan  salah  satu kewajiban  yang  harus dilaksanakan  atau  dipelajari  oleh  setiap  orang  Islam  karena  merupakan  salah  satu  cara memahami Al-Qur’an dengan baik, dan ada kaitannya dengan ibadah ritual seperti shalat, haji dan doa.  Dalam  belajar  membaca  ataupun  menulis Al-Qur’an tentunya tidak langsung bisa, akan  tetapi  harus  melalui  tahapan-tahapan.  Maka  dari  itu,  dalam  pengajaran  baca  tulis  AL-Qur’an juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat. Metode Qiroati merupakan salah satu metode yang secara langsung tanpa dieja dan membiasakan membaca secara tartil sesuai kaidah ilmu tajwid. Dari hasil pengabdian peserta merasa puas dan senang dengan kehadiran tim PKM Universitas Pelita Bangsa. Antusias dan semangat ditunjukan oleh para peserta ketika kegiatan berlangsung

 

Author Biographies

Saiful Muktiali, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Sarwo Edy, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

Anwar dan Arsyad Ahmad. (2004). Pendidikan Anak Dunia Dini. Bandung : PT Afabeta.

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah, 8(1), 19-29.

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redevisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.

Muhammad, D. H. (2019). Upaya peningkatan baca tulis al-quran melalui metode qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142-162.

Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafidz. (2003). Mendidik Anak Bersama Nabi, Terjemahan Salafuddin Abu Sayyid. Solo: Pustaka Arafah.

Sunandar, A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Remaja dengan Metode Qiroati. Khidmat, 1(1), 1-8.

Zulianah, E., Muchtar, N. E. P., & Robikhah, A. S. (2022). Peningkatan Kemahiran Menulis Arab Melalui Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(3), 277-290.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles