Sosialisasi Pembuatan Labeling Produk dan Strategi Marketing Pada UMKM Desa Taraban Paguyangan Brebes

Authors

  • Zahrotul Mufida Universitas Pancasakti Tegal
  • Catu Wahyudi Universitas Pancasakti Tegal
  • Agnes Dwita Susilawati Universitas Pancasakti Tegal
  • Eva Anggra Yunita Universitas Pancasakti Tegal
  • Mei Rani Amalia Universitas Pancasakti Tegal
  • Tri Sulistyani Universitas Pancasakti Tegal
  • Mohammad Arridho Nur Amin Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i02.803

Keywords:

Sosialisasi, Strategi Marketing, UMKM, Label Produk

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam memberdayakan ekonomi masyarakat di pedesaan. Di Desa Taraban, salah satu tantangan yang dihadapi UMKM adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya label produk yang menarik dan informatif. Label produk memiliki peran penting dalam menarik minat konsumen serta memberikan informasi penting terkait produk. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan sosialisasi pembuatan label produk bagi para pelaku UMKM Desa Taraban dengan tujuan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar. Kegiatan ini meliputi pemberian informasi mengenai pentingnya label produk, komponen yang harus ada pada label, serta pelatihan desain label sederhana menggunakan alat desain yang mudah diakses. Sosialisasi pembuatan label produk dilakukan untuk mengatasi kendala ini dengan memberi pelaku UMKM pemahaman dan keterampilan dalam membuat label yang menarik, informatif, dan sesuai dengan standar pemasaran. Kegiatan sosialisasi ini meliputi sesi pengenalan mengenai pentingnya label produk, pelatihan desain label, dan praktik langsung pembuatan label menggunakan perangkat desain sederhana.

References

Faizah, U., Lestari, S., Saputra, M. R. H., & Astuty, R. D. (2023). Membangun Branding Produk Dawet Hitam dan Kripik Pisang Melalui Pendampingan Labeling dan Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo. Jurnal Gerakan Mengabdi Untuk Negeri, 1(3), 97–102.

Farkhatin, L., Setyorini, R., & Wakhyudi, Y. (2021). Diglosia Tuturan Dalam Bahasa Keseharian Masyarakat Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), 89–98.

Khusna, S. W., Fisabilillah, F. A. N., Iskandar, M., Falakh, S. I., Andianto, A., & Nurfuadi, N. (2023). Peningkatan nilai jual produk melalui labeling kemasan pada produk UMKM Desa Lenggerong. Kampelmas, 2(1), 293–303.

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996

Setiawan, R. (2021). Praktik Gadai Tanah Percaton di Desa Taraban Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Persepktif Hukum Islam. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Tobing, D. S. K., & Ardhyansyah, G. (2022). Sosialisasi UMKM dan Pembuatan Label Produk Sebagai Program Pengembangan Umkm Lokal Desa Sumbersari Kabupaten Bondowoso.

Downloads

Published

2025-04-29

Issue

Section

Articles