Pelatihan Sumber Daya Manusia Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada UMKM Resto Selera Sambal
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v3i02.801Keywords:
UMKM, Kepuasan pelanggan, teknologi digital, Pelatihan SDMAbstract
Industri kuliner merupakan salah satu sektor yang terus berkembang pesat dan memiliki potensi besar dalam perekonomian, terutama di Indonesia. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang restoran memainkan peran penting dalam menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan daya saing ekonomi local. Rujito (2022) Menurutnya, UMKM adalah salah satu jenis usaha yang memberikan banyak pengaruh terhadap perekonomian Indonesia, baik dari jumlah usaha yang terbentuk maupun jumlah lapangan pekerjaan yang tercipta. Tujuan dari penelitian yang kami lakukan adalah untuk memberikan pelatihan tentang survei kepuasan pelanggan di era digital dengan memanfaatkan teknologi saat ini. Metode penelitian yang kami gunakan yaitu dengan kuesioner dan wawancara langsung kepada owner dan karyawan UMKM Resto Selera Sambal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengelolaan SDM berbasis digital di UMKM Resto Selera Sambal memiliki dampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital tidak hanya dapat meningkatkan efektivitas pengumpulan data pelanggan, tetapi juga membantu manajemen UMKM dalam merancang strategi pelayanan yang lebih responsif dan berkelanjutan.
References
Chyan, P., & Carolus, R. Y. (2024). Pelatihan Peningkatan Pemanfaatan dan Literasi Teknologi Informasi dalam Mendukung Mitra UMKM Salon Kecantikan. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 123–130.
Harapan, A. H., Tantri, T., Gaotama, T. A., Fahri, A. M., Ananda, R. K., Mukrodi, M., & Wahyudi, W. (2024). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Pekerja di Era Digital pada Kelompok UMKM Pemula KEDU EMAS di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 294–303.
Khair, A. U., Sutomo, D. A., Mirwan, S. H., & Haeranah, H. (2024). SOSIALISASI PENDAMPINGAN UMKM DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN KINERJA YANG EFEKTIF. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5631–5638.
Putri, N. N. (n.d.). UMKM-Masa Kini: Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 12(1), 1–13.
Qomar, B., Zaka, M. Z., & Muhammad, D. H. (2024). Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Probolinggo. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–101.
Sulistyawati, L., & Prabowo, B. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Digital Berbasis Umkm. Airlangga University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rismawati Rismawati, Aos Markos, Vira Citra Rosanti, Intan Aissa Shahyatul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.