Digitalisasi Manajemen Pemasaran Produk Bakpia Sekeco Yogyakarta: Pendekatan Pelatihan dan Pendampingan

Authors

  • Khoirunnisa Firdarini STIE Widya Wiwaha
  • Manendha Maganitri Kundala STIE Widya Wiwaha
  • Erwan Sutrisno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKP

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i02.800

Keywords:

Bakpia Sekeco, Yogyakarta, Pemasaran digital

Abstract

Bakpia sangat diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai oleh-oleh khas kota ini yang memberikan peluang bagi para produsen bakpia di kota Yogyakarta untuk memperluas pangsa pasarnya, tidak hanya di luar kota melainkan juga ke luar polau jawa. Manajemen pemasaran yang tepat perlu diterapkan untuk meraih peluang tersebut, yang tidak hanya dilakukan dengan menggunakan media promosi konvensional tetapi juga merambah ke pemasaran berbasis digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada Bakpia Sekeco sebagai salah satu produsen Bakpia di kota ini dengan untuk meningkatkan pangsa pasar Bakpia Sekeco dengan membuat redesign kemasan baru yang lebih menarik dan mengoptimalkan penggunaan media sosial seperti Tiktok Shop, Instagram dan Shopee. Metode atau tahapan kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara Mitra Bakpia Sekeco, melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan serta evaluasi. Hasil evaluasi yang dilakukan dengan uji pre test dan post test kepada mitra, diperoleh peningkatan kemampuan manajemen pemasaran sebesar 26%. Hasil ini mempertegas bahwa intervensi pengabdian berbasis digital marketing mampu meningkatkan kesiapan dan daya saing Bakpia Sekeco di pasar yang lebih luas secara signifikan.

References

Fajarani, G., Hestiningtyas, A., & Ivani, K. (2024). Perancangan Desain Kemasan sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk Risol di Kota Balikpapan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital Terpadu Politeknik Nusantara Balikpapan , 1(1), 55–66.

Farman, I., Hidayat, M., Marela, A., & Yusniati. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dalam Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Mahasiswa. Teknos: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi , 1(1), 22–30.

Firdarini, K. C., Kundala, M. M., Novitasari, D., Azzzahra, D., & Sugiarti, K. (2024). Inovasi Variasi Produk Bakpia Sekeco, Pelatihan Sistem Manajemen Keuangan dan Pemasaían Upaya Peningkatan Daya Saing. BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 1–12.

Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). Redesain Kemasan dalam Meningkatkan Brand Awarness Produk Unggulan UKM Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8338

Jabawidhiartha, Mang Y, Setiawan E.A., Sarwoedi A.G., & Fadhilah M. (2024). Peran Market Hub ‘Sibakul Jogja’ dalam Membangkitkan UMKM Selama Masa Pemulihan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 3(2), 230–237.

Lauren, C. C. (2023). Analisis Adaptasi Masyarakat Lokal terhadap Perubahan Sosial dan Tren Budaya di Indonesia Ditinjau dari Perspektif Hukum Adat. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(9), 874–884.

Marzuki F, Faridah, & Syafrial, H. (2024). Pengaruh Cita Rasa dan Varian Menu terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Sunda Miraos Bu Tuti Depok. Journal Of Social Science Research, 4(4), 2807–4246.

Mawaddah Mawaddah, Dewi Rahayu, Salsabila Rahmasari, & Angga Dutahatmaja. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembelian Berulang: Produk, Harga, Promosi, dan Layanan. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 115–127. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.945

Nazar, M. A. (2021). Pengaruh Informasi Produk Terhadap Efektivitas Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Digital Marketing pada Pengguna Shopee. JIMMU: Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 205–217.

Nihayati, L. (2020). Dampak Sosial Perkembangan Bakpia dalam Industri Pariwisata di Pathuk Yogyakarta. Pringgitan, 1(1), 40–47.

Oktareza, F. R. (2022). Pengaruh Merek, Harga, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Bakpia sebagai Oleh-Oleh di Kota Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Putri, L. A. R., Hadisantono, Hanandoko, T., & Dewa, P. . (2024). Perancangan Strategi Pemasaran di UMKM Bakpia Pathok Bu Susi. . Jurnal Teknik Industri Dan Manajemen Rekayasa , 2(2), 124–136.

Putri, N. I. P. (2022). Pengaruh Transportasi Umum terhadap Perkembangan Antar Wilayah Administrasi di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 8(1), 63–75.

Rato, M. N. ., & Hadi, R. P. (2024). Bakpia: Perjalanan Akulturasi Cina-Indonesia dalam Makanan Khas Yogyakarta. Multikultura, 3(3). https://doi.org/10.7454/multikultura.v3i3.1034

Rismiyanto, E. (2015). Dampak Wisata Kuliner Oleh-oleh Khas Yogyakarta terhadap Perekonomian Masyarakat. Jurnal Maksipreneur, 5(1), 46–64.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Supriyadi, E. A., Supartono, W., & Mada, U. G. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis Restoran Segmen Atas di Yogyakarta dengan Pendekatan Critical Success Factors. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 265–270. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.265

Sutapa, I. N., N. Paramananda, N. P., & Widhiyanti, A. A. S. (2024). Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat dalam Peningkatan Keberlanjutan Usaha dengan Digitalisasi pada kelompok pembudidaya Ikan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2583–2593. https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.11202

Wahyani, W., Rudhistiar, D., Asmoro, W. P., & Basuki, D. W. L. (2024). Digitalisasi Pemasaran Bakpia pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) BIMA BAKERY. Communnity Development Journal., 5(4), 6031–6036.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles