Pelatihan Menulis Naskah Drama Menggunakan Cerita Islami bagi Siswa SMPIT ARMANIYYAH
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.80Keywords:
Menulis, sastra, naskah drama, IslamiAbstract
Keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa, baik menulis ilmiah maupun nonilmiah. Namun, kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran, siswa masih banyak yang tidak terampil dalam menyampaikan atau mengomunikasikan idenya lewat tulisan dengan baik. Kesulitan terbesar adalah mencari ide cerita kemudian mengubahnya dalam bentuk narasi. Hal ini dijumpai pada keterampilan menulis berbentuk naskah drama. Naskah drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang menarik karena akan ditampilkan dalam bentuk pementasan. Namun, siswa mengalami kesulitan mencari ide cerita dan menuangkannya dalam bentuk dialog dalam naskah. Sebagai seorang muslim, siswa di SMPIT ARMANIYYAH dilatih untuk membuat naskah drama yang ceritanya berasal dari kisah-kisah Islami sebagai media dakwah mengenalkan Islam ke masyarakat luas. Kegiatan pelatihan menulis naskah drama menggunakan cerita Islami ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan kesastraan, (2) meningkatkan kemampuan menulis karya sastra, (3) mengenalkan kisah Islami yang bisa dijadikan sumber ide cerita.
References
A. Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo, 2010.
B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
H.G. Tarigan, Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2013.
S. Akhadiah dkk, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1995.
Suntari, “Upaya Mengefektifkan Pengembangan Kreativitas Menulis Puisi”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rini Setyowati, Nenda Nenda, Siti Juariah, Saiful Muktiali, Yudianto Achmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.