Pelatihan Menulis Naskah Drama Menggunakan Cerita Islami bagi Siswa SMPIT ARMANIYYAH

Authors

  • Rini Setyowati Universitas Pelita Bangsa
  • Nenda Nenda Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Juariah Universitas Pelita Bangsa
  • Saiful Muktiali Universitas Pelita Bangsa
  • Yudianto Achmad Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.80

Keywords:

Menulis, sastra, naskah drama, Islami

Abstract

Keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa, baik menulis ilmiah maupun nonilmiah. Namun, kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran, siswa masih banyak yang tidak terampil dalam menyampaikan atau mengomunikasikan idenya lewat tulisan dengan baik. Kesulitan terbesar adalah mencari ide cerita kemudian mengubahnya dalam bentuk narasi. Hal ini dijumpai pada keterampilan menulis berbentuk naskah drama. Naskah drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang menarik karena akan ditampilkan dalam bentuk pementasan. Namun, siswa mengalami kesulitan mencari ide cerita dan menuangkannya dalam bentuk dialog dalam naskah. Sebagai seorang muslim, siswa di SMPIT ARMANIYYAH dilatih untuk membuat naskah drama yang ceritanya berasal dari kisah-kisah Islami sebagai media dakwah mengenalkan Islam ke masyarakat luas. Kegiatan  pelatihan menulis naskah drama menggunakan cerita Islami ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan kesastraan, (2) meningkatkan kemampuan menulis karya sastra, (3) mengenalkan kisah Islami yang bisa dijadikan sumber ide cerita.

Author Biographies

Rini Setyowati, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Nenda Nenda, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Siti Juariah, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Saiful Muktiali, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Yudianto Achmad, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

A. Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo, 2010.

B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.

H.G. Tarigan, Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2013.

S. Akhadiah dkk, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1995.

Suntari, “Upaya Mengefektifkan Pengembangan Kreativitas Menulis Puisi”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002.

Downloads

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles