Inovasi Digital untuk UMKM Batik Enyra dalam Meningkatkan Efisiensi dan Pengenalan Produk Batik Bekasi di Indonesia

Authors

  • Muhammad Farhan Universitas Pelita Bangsa
  • Satrio Pratama Wijaya Universitas Pelita Bangsa
  • Retno Purwani Setyaningrum Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v2i04.737

Keywords:

Inovasi Digital, Digital Marketing, Batik bekasi, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan inovasi digital oleh UMKM Batik Enyra untuk mengoptimalkan kegiatan operasional mereka serta mempromosikan produk Batik Bekasi ke pasar yang lebih luas. Dengan menggunakan metode campuran antara penelitian kualitatif, penelitian ini melakukan observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM dan konsumen untuk memeriksa dampak teknologi digital terhadap pemasaran dan penjualan. Temuan menunjukkan bahwa ketersediaan dan penggunaan e-commerce, media sosial, dan situs web perusahaan, telah memperluas cakrawala pasar potensial dan meningkatkan kesadaran produk. Pemasaran digital tidak hanya memungkinkan Batik Enyra untuk menjual kepada pelanggan di beberapa wilayah di Indonesia, tetapi juga membantu dalam pengembangan kapasitas dan peningkatan pengetahuan dalam berbagai teknik promosi. Selain itu, upaya pemasaran yang konsisten melalui saluran media sosial telah berhasil membantu bisnis ini menarik pelanggan baru. Studi ini akan berkontribusi pada pengetahuan dengan memberikan wawasan tentang bagaimana UMKM lain dapat menggunakan teknologi untuk memasarkan produk mereka sendiri dan melestarikan tradisi batik di Indonesia.

References

Harianto, R. A., & Sari, P. N. (2021). Strategic digitalization of UMKM business as an alternative to survive the COVID-19 pandemic. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 617-623.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran UMKM dalam menghadapi digitalisasi di era modern. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 101-110.Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian Metode Kuantitatif. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5, 81-90.

Sidiq, M., & Choiri, A. (2019). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan, 11(2), 1-15.

Zayyana, S. H. (2021). Digitalisasi UMKM Batik Malang sebagai optimalisasi pelestarian kearifan lokal di pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komputer, 5(1), 45-53.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles