Pendampingan Usaha Telur Asin dan Kerupuk Kulit Masyarakat Desa Karang Mukti Sebagai Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Rumah Tangga
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.70Keywords:
Pendampingan, Kesejahteraan, Pengembangan, inovasi ProdukAbstract
Jurnal ini menguraikan hasil dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Prodi Manajemen Universitas Pelita Bangsa yaitu berupa pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Telur Asin di wilayah Desa Karang Mukti Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi dan pembuatan produk kerupuk kulit yang akan dijadikan produk khas Karang Mukti. Latar belakang dari kegiatan ini didasari oleh kondisi UMKM telur asin Karang Mukti yang belum berkembang dan juga belum terdapat produk khas Karang Mukti. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan UMKM telur asin dari segi kemasan, inovasi dan pemasaran serta membantu membuat produk baru khas Karang Mukti. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah penjualan telur asin lebih meningkat serta pasarnya lebih luas dan kerupuk kulit yang dibuat juga diterima masyarakat.
References
Elisabeth, D. A. A. 2017. Pengaruh Pengemasan dan Pelebelan Pada Penerimaan Mi Kering Berbahan Baku Tepung Komposit Ubijalar dan Keladi. Jurnal Matematika, Sains dan Teknologi, Vol. 18 No. 2. September 2017.
Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2015 - 2018.
Marka, M. M., Azis, N., dan Alifiana, M. A. 2018. Pengembangan UMKM Madumongso Melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha. Abdimas, Vol. 22 No. 2. Desember 2018.
Murdani, Widayani, S., dan Hadromi. 2019. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemebrdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Universitas Negeri Semarang, Vol. 23 No. 2. 2019.
Rahkadima, Y. T., Fitri, M. A., dan Wulandari, R. S. 2019. Penggunaan Pemasaran Online Pada UMKM Telur Asin di Desa Kebonsari Kabupaten Sidoarjo. SnasTeks, September 2019.
Rahmini, Y. S. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol. 6 No. 1. Januari 2017.
Said, Abu. 2016. Pengaruh Brand Image, Word Of Mouth dan Iklan Terhadap Minat Menabung di BMT Se-Kabupaten Demak. Equilibrium : Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.4 No. 2016.
Salfina, Lili. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Anak-anak. Jurnal Indovisi, Vol. 1 No. 1. Februari 2018.
Setawati, S. D., Retansari, M., dan Fitriawati, D. 2019. Jurnal Abdimas BSI, Vol. 2 No. 1. Februari 2019.
Setiawaty, N. A. 2017. Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 22 No. 1. April 2017.
Suartana, I. K., Purniawan, I. M. E., & Wiradnyani, M. K. 2018 PKM Loloh Kunyit di Desa Pejeng Kelod Tampaksiring Gianyar. SINAPTEK, November 2018.
Subali, M. A. P., Sugiartha, I. R. A., dan Akbar, A.F. 2020. Peningkatan Kuantitas dan Kulaitas Produksi Kerupuk Basa di Desa Jegu, Kabupaten Tabanan. DINAMISA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4 No. 4. Desember 2020.
Suhendar, D dan Suhardi, D. 2018. Optimalisasi Pengelolaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerupuk Dorokdok Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Empowerment Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 01 No 01. 2018.45-52
Sumiari, N., dan Wedasari, N. N. M. 2019. PKM Usaha Telur Asin Desa Pangkung Tibah Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, Vol. 3 No. 1. Juni 2019.
Susetyarsi, Th. 2012. Kemasan Produk di Tinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, Vol 4, No 03. Oktober 2012.
Ukkas, Imran. 2017. Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berkemajuan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1. Februari 2017.
Wangsi, M. M., dan Rawi, R. D. P. 2018. Perlindungan Konsumen Dalam Pelebelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, Vol. 7 No. 1. 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Syahwildan, Andrianto Prasetya Nugroho, Pupung Purnamasari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.