Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada “Seblak Neng Lilis” Di Era Modern

Authors

  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa
  • Moch Hbibi Raspatyi Hasim Universitas Pelita Bangsa
  • Adinda Olivia Febriana Universitas Pelita Bangsa
  • Intan Awalia Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v2i04.660

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Kewirausahaan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi digital marketing pada gerai "Seblak Neng Lilis" di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, guna meningkatkan jangkauan pemasaran dan popularitas produk UMKM di era modern. Program ini mencakup wawancara, pelatihan penggunaan platform digital seperti Instagram dan Google Bisnis, serta pendampingan dalam mengoptimalkan fitur-fiturnya. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pelaku UMKM dalam memanfaatkan media digital sebagai alat promosi yang efektif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan pelaku UMKM dalam membuat dan mengelola akun digital, yang berkontribusi pada peningkatan visibilitas produk, perluasan pasar, dan peningkatan penjualan. Langkah ini diharapkan tidak hanya mendukung pertumbuhan usaha mikro, tetapi juga berkontribusi pada penguatan sektor UMKM, pertumbuhan ekonomi lokal, dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

References

Achmad, G. N., Yulianti, S. D., Sharaha, M., Priandana, M. A., Khatimah, N., Hidayat, A. N., M., N. J., Handayani, Y. T., Aditya, D. F., & Dary, R. W. (2023). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Rangka Pertumbuhan Ekonomi Di Desa Sekitar Ibu Kota Nusantara. Jurnal Riset Pembangunan, 6(1), 51–65. https://doi.org/10.36087/jrp.v6i1.181

Fatkhan, R. A., & Chasanah, U. (2024). Dampak Inovasi Produk dan Digital Marketing Pada Pertumbuhan UMKM : Studi Kasus di Sektor Industri Kreatif. 1(12), 537–544. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13120398 Dampak

Kiswandi, F. R. P., Setiawan, M. C., & Ghifari, M. A. (2023). Peran Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 154–162. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.328

Mubarok, H. K., Rifai, M., & Rahman, R. (2023). Peranan Penting Umkm Untuk Menopang Stabilitas Keuangan Dan Perekonomian Nasional. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.11(2), 120–144. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/9102/3225

Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles