Optimalisasi Platform E-Commerce Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v2i04.602Keywords:
Pemberdayaan Kepada Masyarakat, Usaha Menengah Kecil dan Mikro, E-commerce, Kas kecilAbstract
Tidak hanya dirasakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tantangan dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat juga dialami oleh Usaha Menengah Kecil dan Mikro semenjak hadirnya e-commerce. Usaha Menengah Kecil dan Mikro sebagai pelaku usaha harus dapat melakukan adaptasi yang tepat dengan menggunakan fitur strategi pemasaran yang tedapat pada e-commerce. Optimalisasi dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Kepada Masyarakat secara dari daring dengan melibatkan peran pemerintah melalui kementerian dan juga para ahli. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut ditemukan bahwa dengan menggunakan e-commerce, user memperoleh informasi berupa hal-hal yang dapat mempengaruhi penjualan, waktu penjualan yang tepat, serta kebiasaan pasar. Pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro perlu untuk diberikan suatu program peningkatan kualitas terkait penggunaan e-commerce agar membuat mereka berdaya saing dalam dunia transaksi elektronik
References
Admin. (2024). UMKM. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/umkm/program-pengembangan-umkm/default.aspx
Febriantoro, W. (2018). Kajian dan strategi pendukung perkembangan e-commerce bagi UMKM Di Indonesia. Jurnal Manajerial, 17(2), 184.
Kasih, A. P. (2022). Berapa Lama Orang Indonesia Menggunakan Internet Setiap Hari? Kompas. https://indeks.kompas.com/profile/1989/Ayunda.Pininta.Kasih
Rainer, P. (2024). Inilah Media Sosial yang Paling Sering Dipakai di Indonesia. GoodStats. https://goodstats.id/article/inilah-media-sosial-paling-sering-dipakai-di-indonesia-Pdyt0
Rosa, N. (2023). Sejarah Internet di Indonesia, Dulu Dikenal dengan “Paguyuban Network.” https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6755100/sejarah-internet-di-indonesia-dulu-dikenal-dengan-paguyuban-network
Saragih, J. F. L., Faradilla, A. J., Nasution, R. A., Tafonao, D. F. A., Pitaloka, D., Amelia, B., & Dongoran, D. (2024). Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1788–1795.
Wisnubroto, K. (2022). UMKM Terbukti Tangguh di Masa Pandemi. Portal Informasi Indonesia. https://indonesia.go.id/kategori/kabar-g20/5504/umkm-terbukti-tangguh-di-masa-pandemi?lang=1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mieke Yustia Ayu Ratna Sari, Zerry Akbar Yudisetyo, Farida Prima Pratista, Hikam Hulwanullah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.