Pengembangan Kualitas Tata Kelola Umkm Dodol Desa Mekarwangi Dalam Mewujudkan Sustainability Business

Authors

  • Parulian Parulian Universitas Pelita Bangsa
  • Yuki Dwi Dharma Universitas Pelita Bangsa
  • Joko Mulyono Universitas Pelita Bangsa
  • Widiastuti Widiastuti Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i01.5

Keywords:

Tata Kelola, UMKM, Sustainability Business

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan sekelas usaha swasta dari masyarakat yang dapat menciptakan lapangan kerja. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada tingkat daerah menjadi tumpuan bagi masyarakat daerah karena dinamika ekonomi usahanya dapat berhubungan dengan aktivitas masyarakat disekitar usahanya. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi mitra bagi masyarakat daerah dalam meningkatkan pendapatan. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha kecil dan menengah teknik tata kelola pemasaran dodol di Desa Mekarwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

 

Author Biographies

Parulian Parulian, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Yuki Dwi Dharma, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Joko Mulyono, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Widiastuti Widiastuti, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

Adiele, K. C. (2012). New Product Development and Consumer Innovative Behaviour: an Empirical Validation Study. European Journal of Business and Social Sciences, 1(6), 97–109. http://www.ejbss.com/recent.aspx

Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2021). Strategi Pengembangan Kualitas Lingkungan Hidup Melalui Penerapan SMK3 di Tempat Pembuangan Sampah Akhir. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST), 1(1), 49-56.

Battistella, C., Cagnina, M. R., Cicero, L., & Preghenella, N. (2018). Sustainable business models of SMEs: Challenges in yacht tourism sector. Sustainability (Switzerland), 10(10), 1–20. https://doi.org/10.3390/su10103437

Bocken, N. M. P., Short, S. W., Rana, P., & Evans, S. (2014). A literature and practice review to develop sustainable business model archetypes. Journal of Cleaner Production, 65, 42–56. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.11.039

Cahayaning, Y., Suhermin, S., Budiyanto, B., & Subardjo, A. (2022). Etika Bisnis Dan Inovasi Produk Makanan Dan Minuman UMKM Di Kecamatan Semampir Surabaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 229–235. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.9313

Distribusi, P., & Analysis, H. R. (2019). Analisis dan Perencanaan Sumber Daya Manusia pada Perusahaan Distribusi Human Resources Analysis and Planning in Distribution Companies. 1–16.

Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 46–58.

O’Regan, N., Ghobadian, A., & Sims, M. (2004). THE LINK BETWEEN LEADERSHIP, STRATEGY, AND PERFORMANCE IN MANUFACTURING SMEs. Journal of Small Business Strategy, 15(2), 45–57.

Sarwoko, E. (2007). Kajian Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan. Moderenisasi, 4(3), 226–239.

Widjaja, Y. R., & Winarso, W. (2019). Bisnis Kreatif dan Inovasi. 117. http://repository.ubharajaya.ac.id/2949/1/BUKU KREATIFITAS DAN INOVASI %282%29.pdf

Downloads

Published

2023-01-31