Peran KKN dalam Meningkatkan Pengembangan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Susu Murni di Desa Jatireja

Authors

  • Salma Ayu Andini Universitas Pelita Bangsa
  • Lisa Kustina Universitas Pelita Bangsa
  • Dimas Septiawan Universitas Pelita Bangsa
  • Sulistyo Pratiko Putra Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Bayu Al-Huda Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v2i04.493

Keywords:

Pemasaran Digital, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Tantangan utama Desa Jatireja adalah terbatasnya potensi kewirausahaan masyarakat, sehingga perlu peningkatan motivasi dan edukasi untuk mengembangkan pemahaman bisnis yang kuat agar mampu bersaing di pasar digital. Program KKN ini berfokus untuk membekali UMKM lokal dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk memasarkan produk mereka secara online secara efektif. Kegiatannya meliputi program kerja sosial melalui workshop pendidikan, pelatihan pemasaran digital dan workshop desain produk. Selain itu, pemantauan dan evaluasi berkelanjutan dilakukan untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas program, dengan tujuan akhir mendorong pertumbuhan usaha jangka panjang di desa.

References

Junaid, I. (2016). Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 10(1): 59-74

Naldi, R., Azahari, A.., & Isdarmanto. (2022). Fusion Food Perspective: Breadfruit Pizza as Innovative Gastronomy Product in Tourism Academy Paramitha Bukittinggi Campus. International Journal of Tourism and Hospitality Study, 7(3). https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Jatireja,_Cikarang_Timur,_Bekasi (diakses pada tanggal 26 Agustus 2024 pukul17:26)

Yulinda Ismail, S.Pd., M.Si. Dr. Yanti Aneta, S.Pd., M.Si. & Valentina Monoarfa, SE., ME.(2020). Laporan Pengabdian Masyarakat KKN Tematik

Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Aditya S, Rahmi, E., & Purwana. (2017). pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan malaka sari.

Al, pratiwi T. et. (2021). strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, 12.

Al, A. N. et. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pemasaran Produk Perusahaan dimasa Pandemi covid-19. 1.

Al, B. U. et. (2019). Penerapan Strategi Digital merketingPada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. 485–497.

Ardiandi, L. (2024). Jatireja, Cikarang Timur, Bekasi. wikipedia.com.

Astuti, D. Y. (2015). Dari Simulasi Realitas Sosial hingga Hiper-Realitas Visual :Tinjauan Komunikasi Virtual melalui sosial media di cyberspace.

Diana, R. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10.

Hayat Ainul, Hardjanto Imam, A. D. F. (2020). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (studi kasus pada kelompok usaha “emping jagung” di kelurahnan pandawangi kecamatan blimbing,kota malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1, 1286–1295.

Hevitria. (2023). PEMBERDAYAAN MARKETING UMKM BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DESA KEPOSANG MENUJU PASAR GLOBAL. 1, 146–155.

Idayanti Desi, M. yanti I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran untuk meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1.

Kanan. (2017). Digital Marketing: A Framework, review and research agenda.

Nafisa, A. zahra S. (2021). Implementasi Digital marketing sebagai Startegi Dalam meningkatkan pemasaran UMKM.

Pebriyanto Agus, et al. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi pemasaran Digital. Jurnal Impact: Implementation Action, 2.

Rachmawati. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Rifqi, M. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya Masyarakat. Jurnal PPKM.

Risa, G. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatkan Penjualan Hasil Home industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. EBISMEN : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen , 1(3), 24–31.

Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

taringan josua, ridwan, S. (2019). Creativ Digital Marketing Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif dan berdaya hasil gemilang.

Downloads

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles