Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Melalui Program Pojok Literasi Di Desa Sumber Makmur
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v2i04.489Keywords:
Pojok Literasi, Motivasi belajar, Prestasi akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pojok literasi terhadap motivasi dan prestasi belajar anak-anak di desa. Pokok masalah yang diangkat adalah rendahnya minat baca dan prestasi akademik anak-anak di lingkungan pedesaan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sebanyak 20 anak usia 7-12 tahun dilibatkan dalam program pojok literasi ini, di mana mereka diberikan akses ke berbagai bahan bacaan dan kegiatan interaktif. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur motivasi membaca dan hasil belajar sebelum dan sesudah implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi membaca (p < 0,05) dan prestasi belajar anak-anak, dengan rata-rata nilai akademik meningkat sebesar 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pojok literasi dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar anak-anak di desa, serta dapat diterapkan di berbagai komunitas untuk mendukung budaya membaca.
References
Antasari, I. W. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1), 13-26.
Faradina, N. (2021). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.
Hidayatulloh,P.,Solihatul,A.,Setyo,E.,Fanantya,R.H.,Arum,S.M.,Istiqomah,R.T.U.N.,& Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui KegiatanPojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin LiterasiBudayaSekolah, 1(1)
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Wandasari, Y. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 12-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Refah Adilah Nur, Untung Nopriansyah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.