Etika Profesi Akuntansi di SMK N 1 Yogyakarta Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Authors

  • Willa Putri Malinda Buchori Universitas Negeri Yogyakarta
  • Anisah Novi Karunia Universitas Negeri Yogyakarta
  • Septiningdyah Arianisari Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v2i02.340

Keywords:

Etika Profesi, Akuntan, Kejujuran

Abstract

Maraknya kasus korupsi dan manipulasi laporan keuangan menggambarkan bahwa masih rendahnya tingkat kejujuran di masyarakat. Kecurangan tersebut dilakukan untuk memenuhi tujuan pribadinya yang berdampak pada kerugian pihak lain. Kecurangan laporan keuangan terjadi karena bantuan dari akuntan yang bertugas dalam mencatat laporan keuangan. Oleh sebab itu, perlunya menanamkan sikap kejujuran sejak dini. Penanaman sikap kejujuran dapat dilakukan dengan kegaitan sosialisasi etika profesi akuntansi. Tujuan kegiatan ini adalah memberika wawasan etika profesi akuntansi dan penanaman kejujuran. Kegiatan dilakukan dengan sasaran siswa/siswi kelas X jurusan akuntansi di SMK N 1 yogyakarta. Kegiatan sosialisasi diikuti sebanyak 28 siswa/siswi. Tahapan kegiatan di awali dengan pembukaan, pemberian materi, diskusi atau tanya jawab, dan penutup. Siswa/siswi mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

References

Agustina, R. S., Fajarani, M. A., Pratama, H. S., Ramadhon, R. A., & Bekti, A. A. (2024). Penguatan pendidikan karakter dalam membangun moralitas dan etika yang baik pada generasi z. Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(1), 01–11.

Akbar, R., & Kuntadi, C. (2024). Pengaruh Profesionalisme Auditor, Independensi Auditor Dan Etika Profesi Auditor Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Media Akademik, 2(5), 1–21.

Anandya, D., & Ramadhana, K. (2024). Laporan Hasil Pemantauan Tren Korupsi Tahun 2023. In Indonesia Corruption Watch.

Andriyana, H., & Trisnaningsih, S. (2022). Analisis Pelanggaran Etika dan Kode Etik Profesi Akuntan Di Era Persaingan yang Kompetitif (Studi Kasus PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk.). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2304–2318. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1568

Ebaid, I. E. S. (2022). Ethics and accounting education: does teaching stand-alone religious courses affect accounting students’ ethical decisions? Society and Business Review, 17(3), 354–372. https://doi.org/10.1108/SBR-07-2021-0102

Idris, M., & Setiawan, S. R. D. (2020). Jejak Hitam PT. Hanson International Tbk, Manipulasi Laporan Keuangan 2016. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/01/15/160600526/jejak-hitam-pt-hanson-international-manipulasi-laporan-keuangan-2016#google_vignette

Kolit, Y. A. D. D., Rato, E. Y. Da, & Noeng, A. Y. (2024). Pengaruh Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan ( Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Sikka ). Jurnal Inovasi Ekonomi Syariah Dan Akuntansi (JIESA), 1(3), 88–99.

Muflihah, I. L., & Sisdianto, E. (2024). Peran Audit Internal Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Terjadinya Kecurangan (Fraud) Di Perusahaan. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(2), 182–190.

Putra, R. A., & Herawaty, V. (2024). FAKTOR-FAKTOR MEMENGARUHI KEUANGAN DIMODERASI OLEH KEEFEKTIFAN KOMITE AUDIT. Jurnal Ekonomi Trisakti, 4(1), 43–56.

Rachmaputri, N. F., Rahmi, A., Rosalia, P., & Nugrahanti, T. P. (2024). Pengaruh Etika Profesi Terhadap Kualitas Audit (Literature Review Audit). JURA: Jurnal Riset Akuntansi, 2(1), 109–116. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v2i1.1337

Ristianti, I., & Nursiam. (2024). Relevansi Teori Fraud Hexagon Dalam Fraudulent Financial Reporting: Tinjauan Pada Perusahaan Sub Sektor Invesment Dan Finance. Economics and Digital Business Review, 5(2), 721–735.

Rizandhi, A., Nurwahidah, & Darmiany. (2024). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di SDN Telaga Baru Kecamatan Taliwang. Jurnal Educatio, 10(1), 131–141. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/6471/4334

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles