Inovasi Strategi Pemasaran Bumbu Masak Machmudah untuk UMKM Berkelanjutan

Authors

  • Ayu Diana Ansori Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hendra Wiryawan Universitas Gajah Mada
  • Fitri Ramadhani Universitas Gajah Mada
  • M. Danny Septian Universitas Gajah Mada

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v2i02.325

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Kemasan Produk, Keberlanjutan, Inovasi

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. UMKM disebut sebagai penopang perekonomian Indonesia dan membantu dalam pemulihan stabilitas ekonomi setelah Pandemi. Akan tetapi, UMKM masih memiliki banyak tantangan dan kendala yang harus dihadapi untuk dapat beroperasi secara efektif dan berkelanjutan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu UMKM Bumbu Masak Machmudah (BMM) dalam melakukan inovasi strategi pemasaran. Metode yang digunakan merupakan konsultasi antara BMM dan kelompok pengabdian masyarakat, difusi ipteks berupa produksi desain kemasan baru, dan pelatihan atau pendampingan dalam penggunaan saluran penjualan daring, serta penggunaan sistem pencatatan penjualan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu UMKM BMM untuk menjangkau basis konsumen yang lebih luas, menarik lebih banyak pembeli, dan dapat mempertahankan kelangsungan bisnis secara berkelanjutan.

 

References

Amelia, D., Eko, D., Oemar, A. B., & Pd, M. (2017). PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PEPPY’S

SNACK SURABAYA. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 584–590. https://id.wikipedia.org/wiki/Desain,

Anastasya, A. (2023, July 8). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. UMKM Indonesia. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah- dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia

Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (H. Wijoyo, D. Sunarsi, & I. Indrawan, Eds.). Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Bebasari, N., Fauziah, R., & Yuliani, R. (2024). Pengembangan UKM Peyek dan Kue Ketapang bagi warga Jaya Mulya. In Jurnal Pengabdian Lentera (Vol. 01). https://lenteranusa.id/

Hootsuite, & We Are Social. (2022). DIGITAL 2021: INDONESIA. Digital 2021: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2021- indonesia#:~:text=Social%20media%20statistics%20for%20Indonesia%20There%20were%20170

.0,to%2061.8%25of%20the%20total%20population%20in%20January%202021.

Hootsuite, & We Are Social. (2024). DIGITAL 2023: INDONESIA. Digital 2023: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK MAGENDA TAMANAN KABUPATEN

BONDOWOSO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Kadin Indonesia. (2023). UMKM. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Kirom, N. R., Sudarmiatin, & Hermawan, A. (2022). E-COMMERCE STRATEGY FOR MSME INNOVATION DEVELOPMENT IN THE NEW NORMAL ERA. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 3(1), 169–178.

Limanseto, H. (2021, May 5). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian- indonesia

Putri, A. D., Permatasai, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk UMKM Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123.

Rizkika, C., ; P., & Prasasti, A. (2021). Engage Your Customers During the Pandemic: The Impact of Social MediaInstagram Usage to Micro-Small Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 328–335. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2711

Tri Utari, N. K. M. (2021). Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises (MSMES) Through Instagram in the Marketing Era 4.0. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 8(1), 15–22. https://doi.org/10.22225/jj.8.1.2772.15-22

Trott, P. (2017). Innovation Management and New Product Development (6th ed.). Pearson Education Limited.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles