Penerapan QRIS “Warteg Putri” dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v2i02.321Keywords:
QRIS, Warung Tegal, Era DigitalAbstract
Di era digital saat ini, teknologi memegang peranan penting dalam banyak bidang kehidupan, termasuk dunia bisnis. Teknologi yang banyak digunakan adalah Quick Response (QR) Code Indonesia Standard (QRIS), yang memungkinkan pembayaran non-tunai menjadi mudah dan aman. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan QRIS untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada Warteg Putri di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi partisipan. Target audiens penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan QRIS pada berbagai jenis usaha, Temuan menunjukkan bahwa penerapan QRIS berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan. Kesederhanaan, kecepatan, dan keamanan pemrosesan transaksi pembayaran dengan QRIS menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Studi ini juga menemukan bahwa upaya pendidikan dan penjangkauan QRIS masih perlu ditingkatkan. Selain itu, perlu dikembangkan aplikasi dan fitur QRIS yang lebih inovatif dan menarik untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan QRIS.
References
Syahwildan, Muhamad, et al. “Membangun Jaringan Kolaboratif UMKM Kerajinan Bambu melalui platform digital di Desa Karangmulya.” Lentera Pengabdian, vol. 2, no. 01, 31 Jan. 2024, pp. 57–61, https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.280.
Herawati Putri, D., & Andrian Syah, M. (2023). SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA USAHA WARUNG SAYUR BU KARTI. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, Issue 2). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Lentera, J., Rustianah, P. :, Hariroh, M. R., Soleha, E., Hidayah, Z. Z., & Rustianah, R. (n.d.). Pengembangan Strategi Bisnis UMKM Berbasis Digital untuk Membangun Mental Technopreneur. https://lenteranusa.id/
Puriati, N. M., Sugiartana, I. W., & Mertaningrum, N. P. E. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Umkm Di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 13(3), 332–338. https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.70942
Yuliati, T., & Handayani, T. (2021). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL QRIS SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA UMKM. Communnity Development Journal, 2(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farina Ayu Romadona Al'aini, Syifa Amelia Putri Hidayat, Fahdia Feliana Wijayanti, Nurul Hikmah, Andre Lesmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.