Penerapan QRIS “Warteg Putri” dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Era Digital

Authors

  • Farina Ayu Romadona Al'aini Universitas Pelita Bangsa
  • Syifa Amelia Putri Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Fahdia Feliana Wijayanti Universitas Pelita Bangsa
  • Nurul Hikmah Universitas Pelita Bangsa
  • Andre Lesmana Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v2i02.321

Keywords:

QRIS, Warung Tegal, Era Digital

Abstract

Di era digital saat ini, teknologi memegang peranan penting dalam banyak bidang kehidupan, termasuk  dunia bisnis. Teknologi yang banyak digunakan adalah Quick Response (QR) Code Indonesia Standard (QRIS), yang memungkinkan pembayaran non-tunai menjadi mudah dan aman. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan QRIS untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada Warteg Putri  di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data  wawancara mendalam dan observasi partisipan. Target audiens penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan QRIS pada berbagai jenis usaha, Temuan menunjukkan bahwa penerapan QRIS berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan. Kesederhanaan, kecepatan, dan keamanan pemrosesan transaksi pembayaran dengan QRIS menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Studi ini juga menemukan bahwa upaya pendidikan dan penjangkauan QRIS  masih perlu ditingkatkan. Selain itu, perlu dikembangkan aplikasi dan fitur QRIS yang lebih inovatif dan menarik untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan QRIS.

References

Syahwildan, Muhamad, et al. “Membangun Jaringan Kolaboratif UMKM Kerajinan Bambu melalui platform digital di Desa Karangmulya.” Lentera Pengabdian, vol. 2, no. 01, 31 Jan. 2024, pp. 57–61, https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.280.

Herawati Putri, D., & Andrian Syah, M. (2023). SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA USAHA WARUNG SAYUR BU KARTI. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, Issue 2). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Lentera, J., Rustianah, P. :, Hariroh, M. R., Soleha, E., Hidayah, Z. Z., & Rustianah, R. (n.d.). Pengembangan Strategi Bisnis UMKM Berbasis Digital untuk Membangun Mental Technopreneur. https://lenteranusa.id/

Puriati, N. M., Sugiartana, I. W., & Mertaningrum, N. P. E. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Umkm Di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 13(3), 332–338. https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.70942

Yuliati, T., & Handayani, T. (2021). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL QRIS SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA UMKM. Communnity Development Journal, 2(3).

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles