Pengembangan Ekonomi Kreatif UMKM Berbasis Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.292Keywords:
Ekonomi Kreatif, UMKM, Inovasi, KreativitasAbstract
Ekonomi kreatif merupakan kegiatan perekonomian berupa pengembangkan inovasi dan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan. Tujuan dari PKM ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan berkreasi dan berinovasi UMKM dengan memanfaatkan SDA di lingkungan sekitar. Pembinaan ekonomi kreatif dalam perspektif pendidikan ekonomi dilakukan melalui transfer pengetahuan, baik secara formal maupun nonformal. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui presentasi, ceramah, interaksi timbal-balik antara sesame peserta. Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah para pelaku UMKM setempat. Pembinaan para pelaku UMKM ini menghasilkan ide-ide kreativitas para pelaku UMKM dengan pemanfaatan SDA yang ada yang bernilai jual tinggi.
References
A. M. Ginting, “Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Provinsi Jawa Barat,” Kajian. Vol.22, No 1, Maret, 2017.
U. Jefri, Ibrohim, “ Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten,” Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo. Vol. 7, No 1, Juli, 2021.
M.A. Solihin, R. Sudirja, “Pengelolaan Sumberdaya Alam Secara Terpadu untuk Memperkuat Perekonomian Lokal,” Pustaka.unpad.ac.id, Maret, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Setyowati, Sarwo Edy, Siti Juariah, Muhammad Hamdan Ainulyaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.
