Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris dengan Menggunakan Ilustrasi Gambar
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.279Keywords:
Menulis; narasi; ilustrasi gambarAbstract
Dalam mempelajari bahasa Inggris aspek menulis memiliki peranan penting untuk mengekspresikan pemikiran dan imajinasi bagi para remaja. Akan tetapi dalam menulis dalam bahasa Inggris para remaja mengalami kesulitan seperti tidak percaya diri dalam mengekspresikan pikiran ke dalam tulisan dan mengungkapkan ide secara tulisan serta kurangnya keberanian karena merasa takut salah menjadi faktor yang menghabat para remaja menggunakan bahasa Inggris dengan baik dalam menulis. Hal ini yang dirasakan oleh anak-anak di Yayasan Hubbu Ahmad Center yang berlokasi di Jl. H. Muad No. 27 A Kreo Larangan, Tangerang, Banten, Indonesia. Dalam proses pembelajarannya para remaja di yayasan ini mengalami kesulitan dalam menulis dan bercerita dalam bahasa Inggris. Selain itu minimnya minat menulis serta kurangnya pelatihan dan pembelajaran menulis narasi menjadi kendala para remaja di yayasan. Hal ini dikarenakan mereka mengalami kesulitan dalam menginterpetasikan isi cerita kedalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, tim Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Pamulang (UNPAM) menawarkan solusi permasalahan berupa pengajaran menggunakan dengan membuat atau menggunakan media bergambar untuk menulis narasi atau cerita berbahasa Inggris dengan tema “Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris dengan Menggunakan Ilustrasi Gambar”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10 sampai dengan 12 November 2023 di Yayasan setempat. Dari hasil kegiatan PKM pada siswa siswi remaja Yayasan Hubbu Ahmad Center. Melalui kegiatan ini terbukti ada peningkatan kemampuan para remaja di Yayasan tersebut dalam mengungkapkan ide dan minat mereka melalui tulisan berbahasa Inggris.
References
Alwi, Hasan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arundati, H. (2010). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan melalui Media Foto Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan
Penabur, 15. 12-21
Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita I Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa Sd. Jurnal Pendidikan
- Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337. Diakses 4 Oktober 2019
Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. PT RAJAGRAFINDO PERSADA: Jakarta
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press
Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kurniawan, K., Andriani, R., & Kasriyati, D. (2017). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Sekecamatan Rumbai
Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68-73.https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.417
Kusuma, D.A (2008). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. [online].Tersedia:
http://pustaka.unpad.ac.id/wp.content/uploads/2009/06/meningkatkankemampuan-koneksi - matematik.pdf. [05 Desember 2016]
Masrura , Shauri. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan Kemampuan menulis karangan siswa kelas III MIN 18 Aceh
selatan. Skripsi online. Fakultas tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Nurjani. (2018). Literasi pada pembelajaran menulis bagi anak sekolah dasar. 3rd International Conference on Education 2018 Teachers in
the Digital Age, Vol 3, 233–242.
Rahardi, R. Kunjana. 2009. Impertaif dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Duta Wacana University Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 May Triranto Maharini, Anita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.