Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Jambal Roti Teh Ai Melalui Pemasaran Online Menggunakan Marketplace

Authors

  • Nurul Sitio, S.AB.,M.M Universitas Padjadjaran
  • Fadilah Al Aisyah Universitas Padjadjaran
  • Septiara Nur Anjani Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i04.239

Keywords:

MSMEs, Marketplace, Marketing, Information Systems

Abstract

Jambal Roti merupakan makanan khas dari Pangandaran yang berbahan dasar ikan. Salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi dan menjual makanan ini adalah Jambal Roti Teh Ai. Penelitian ini menganalisis upaya peningkatan penjualan UMKM Jambal Roti Teh Ai melalui pemasaran online menggunakan marketplace. UMKM ini menghadapi kendala dalam meningkatkan  penjualan dan  ketidaktahuan dalam mengaplikasikan  marketplace. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pemasaran online melalui marketplace berkontribusi positif terhadap peningkatan penjualan. UMKM dapat memperluas pasar, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan eksposur produk. Pemasaran online juga memudahkan pengelolaan pesanan, dan pembayaran. Kesimpulannya, pemasaran online melalui marketplace efektif dalam meningkatkan penjualan UMKM Jambal Roti Teh Ai.

References

Amarta, C. D., Wardaya, A., Nugroho, A. V., & Setiawan, P. A. (2022). Strategi Pemasaran Digital dan Kualitas Produk untuk Mendapatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9555

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114-133.

Joesidawati, M. I., Suwarsih, S., & Sriwulan, S. (2021). Pemasaran online sebagai solusi penjualan ikan asap pada poklahsar karangsari di masa pandemi. Prosiding SNasPPM, 6(1), 1-5.

Kamsiah, K., & Ponirah, P. (2021). Kajian Kelayakan Usaha Pengolahan Tradisional Jambal Roti di UKM Mamah Jambal. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 15(3), 319-331.

Nikmah, F. (2017). Kajian tentang pemasaran online untuk meningkatkan peluang bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis,11(1), 47-56.

Riandhita Eri Werdani, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, Dian Iskandar. "Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media", JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2020

Sanistasya, P. A. lita, Juari, M. M., Anugrahni, S., Ikhsan, A., S, D. A., & Jeremy, K. (2022). Meningkatkan Potensi Ekonomi Kreatif Dalam UMKM di Desa Budaya Lekaq Kidau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), Article 2.1 Desember.

Sukoco, S. A., & Maulana, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Platform Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), Article 2.1 Desember.

Downloads

Published

2023-12-31