Pembuatan dan Implementasi Profil Institusi SDIT Al Fajri Cahaya Umat Berbasis Web PC dan Web Mobile

Authors

  • Ananto Sasongko Universitas Pelita Bangsa
  • Dendy K. Pramudito Universitas Pelita Bangsa
  • Edora Edora Universitas Pelita Bangsa
  • Muhamad Ekhsan Universitas Pelita Bangsa
  • Suwandi Suwandi Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i01.23

Keywords:

Web PC; Web Mobile; Profil Sekolah

Abstract

Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2019-2020 sebesar 73,7 % dari 266 juta seluruh penduduk Indonesia. Kemajuan internet yang sangat pesat tidak hanya dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi saja, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk sarana media promosi melalui pembuatan website. Hanya saja di SDIT AL FAJRI CAHAYA UMAT belum mengunakan website sebagai media presentasi profil sekolah melainkan dengan cara menyebar browser, flayer dan promosi ke masyarakat sekitar Cikarang. Akan tetapi pelaksanaan dengan cara konvensional mempunyai beberapa banyak kendala dan masalah diantaranya kurangnya komunikasi, tidak efesiensi waktu dan biaya karena harus mencetak browser dan flayer selain itu dikarenakan jangkauan promosi yang terbatas. Dalam rangka mengatasi kendala ini, salah satu solusi yaitu dengan mengimplementasikan website profile sekolah. Saat ini, website sudah menjadi kebutuhan yang mendasar sebuah institusi karena merupakan salah satu media yang efektif di zaman sekarang. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa website adalah salah satu media paling efektif mempresentasikan profil sekolah.

References

Apjii. (2020). APJII Rilis Hasil Survei Pengguna Internet Indonesia Terbaru.

Firgia, L., & Nurcahyo, A. C. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Sebagai MEdia Promosi Dan Informasi Pada Sekolah Tinggi Teologia Ekklesia Pontianak. J. Inf. Technol., 1(2), 35–40. doi: 10.46229/jifotech.v1i2.198.

Irsandi, J. S., Fitri, I., & Nathasia, N. D. (2020). Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile. J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), 5(4), 346. doi: 10.35870/jtik.v5i4.192.

Rochman, M. I., Hanafri, & Wandira, A. (2020). Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source. Acad. J. Comput. Sci. Res., 2(1), 46–51. doi: 10.38101/ajcsr.v2i1.272.

Saian, S. D. S., Kakihary, N. L., & Wahyono, T. (2022). Pengujian Content Management System (Cms) Sekolahku Menggunakan Metode Black Box Testing Dengan Teknik Boundary Value Analysis. It-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 100-113.

Yahya, F. N.,Arwan, A., & Kharisma, A. P. Pengembangan Sistem Manajemen Proyek dan Akun Hosting di Software House Berbasis Web (Studi Kasus Elecomp Software House). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Zulkarnain, A. (2019). Penerapan Mobile-First Design pada Antarmuka Website Profil Sekolah Menggunakan Metode Human-Centred Design (Studi Kasus: SMPN 21 Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 125. https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.408

Downloads

Published

2023-02-28