Pengembangan Sistem Pembelajaran Siswa Berbasis Metaverse pada TK Islam Pelita Insan

Authors

  • Donny Maulana Universitas Pelita Bangsa
  • Ismamudi Ismamudi Universitas Pelita Bangsa
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i01.21

Keywords:

Sistem, Metaverse, Mozilla hub, Pengajaran

Abstract

TK Islam Pelita Insan adalah salah satu sekolah swasta berbasis Islam Terpadu yang terletak di daerah lemah  Kabupaten Bekasi. Sebagai sekolah yang mulai bergerak maju, maka TK Islam Pelita Insan berusaha meningkatkan mutu dan kualitas sekolahnya dengan pemanfaatan teknologi khususnya pengembangan pada sistem pembelajaran  siswanya. Sistem pembelajaran sekolah saat ini masih menggunakan gambar kertas yang diprint berdasarkan gambar dan ditempel dikelasnya. Sistem yang berjalan saat ini sebenarnya sudah baik, tetapi masih ada kelemahan yang dirasakan, diantaranya gambar print out kertas ini mudah hilang dan tercecer. Kelemahan lain yaitu adanya pemborosan kertas dan waktu unuk mencetak pembelajaran  siswa per guru. Belum lagi permasalahan yang disebabkan oleh gambar yang hilang pada setiap periode semester saat masa pembagian rapor masih manual oleh guru tersebut untuk diserahkan ke wali kelas. Kondisi ini tentunya menyebabkan pekerjaan dinilai tidak efektif dan efisien bagi guru. Penelitian ini membuat sebuah sistem informasi pembelajaran  siswa berbasis web menggunakan metaverse yang dikembangan oleh mozilla hub dengan tampilan 3 Dimensi serta menggunakan tampilan web. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan sistem ini maka model pengajaran harian siswa menggunakan print out untuk pengajaran 1 semester sudah tidak digunakan lagi, digantikan dengan model pengajaran dengan cara mengakses internet dengan mengunjungi web mozilla hub. Dengan sistem ini maka tidak ada lagi guru jam kedua dan seterusnya kebingungan mencari pengajaran apabila guru jam pertama lupa tidak menaruh pengajaran tersebut selepas mengajar di kantor serta memudahkan pihak sekolah untuk merekap pengajaran siswa pada setiap periode semester untuk diberikan kepada wali kelasnya.

References

Aryanti, N., Haryono, B., Genua, V., Triani, L., Fauziyah, S., Rizqi, J. N. R. R., Andriani, F. A.-E. R. S., Faizi, A., Hasanah, I. F., Fadhilah, M. N., Ramadhani, S. A., Susilawati, B., Ivantri, R., Hasanah, U., Hidayah, H., Yusnita, E., Zahrah, F., Nuriyati, T., Apridar, … Agustina, R. (2022). Sistem Informasi Dan Teknologi Digital Era Metaverse. https://files.osf.io/v1/resources/yrfmu/providers/osfstorage/6317621fe7f1b71e24aaeb15?action=download&direct&version=1

Desy Ria, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 122–133. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Elfi Husda, N., & Wangdra, Y. (2016). Pengantar Teknologi Informasi.

Indrabayu, I., Zainuddin, Z., Nurtanio, I., & ... (2022). Strategi Pembelajaran Menggunakan Metaverse Bagi Guru Di Madrasah Aliyah Al Hidayah. Jurnal Tepat …, 5, 108–116. https://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/view/287%0Ahttps://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/download/287/158

Mardoyo, E., Lubis, M., & Bhaskoro, S. B. (2022). Evaluasi Virtual Reality Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Terkait Dunia Metaverse. 05(03), 182–194.

Rusdiana, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Sistem Informasi Manajemen, 1–387.

Sari, A. K., Ningsih, P. R., Ramansyah, W., Kurniawati, A., Siradjuddin, I. A., & Sophan, M. K. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru Smkn 1 Labang Bangkalan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Dengan Metaverse. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 52. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7620

Downloads

Published

2023-02-28