Implementasi E-Katalog Di Marketplace UMKM Bekasi Mart
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v1i01.13Keywords:
UMKM, Marketplace, PendidikanAbstract
Kegiatan ini merupakan program tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dengan harapan adanya pengabdian ini dapat memberikan kontribusi agar para pelaku UMKM memahami bahwa memasarkan produk sudah bukan di toko, event dan door to door, melainkan sudah bisa bermatamorvosa untuk siap memasarkan produk nya ke jangkauan yang lebih luas yaitu dengan memanfaatkan marketplace Bekasi Mart. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan beberrapa pendekatan yaitu pertama tahapan melakukukan sosialisasi terhadap pelaku kepentingan (pemkot bekasi dan umkm), penyusunsan materi, penyusunan jadwal pelaksanaan, dan pembagian tugas, tim pelaksana kegiatan PKM ini adalah 2 dosen dari Fakultas Ekonim dan Bisnisa, 3 dari fakultas Teknik , Tim pengabdian membuatkan platform marketplace dan materi penggunaan guna mempermudah UMKM dalam memasarkan produk nya. Hasil pengabdian kepada masarakat yaitu adanya tempat memasarkan produk – produk UMKM berbasis online yang bertujuan untuk mempermudah memasarkan produk lebih luas hingga harapanya dapat memberikan semengat baru dalam proses pemasaran.
References
Ahyuna, Hamzah, M., D., dan Najib, M., 2013. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 2, No.1 Januari – Maret 2013, 30-40
Akbar, M.R., Sarana, Suwondo, A., 2016, Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Sebagai Sarana Perdagangan Batik dengan Marketplace di Pekalongan, Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif SEMARANG, Vol.01, Tahun 2016, ISSN: 2477-2097.
Kotler, Philip., Amstrong, Garry., 2004, Principle of Marketing, 10th Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey
Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). menjadi enterpreneur muda yang memiliki jiwa leadership untuk menghadapi masa depan. Abdi Laksana,
Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172. Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana, 1(1).
Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang,Tantangan, Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum.
Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang,Tantangan, Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum.
Taryadi, Yunianto, E., Royani, N.I., 2105, Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan, Jurnal Litbang Kota Pekalongan, Vol.8 Tahun 2015
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Fatchan Chan, Andri Firmansyah, Retno Purwani Setyaningrum, Wahyu Hadikristanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.