Implementasi E-Katalog Di Marketplace UMKM Bekasi Mart

Authors

  • Muhamad Fatchan Universitas Pelita Bangsa
  • Andri Firmansyah Universitas Pelita Bangsa
  • Retno Purwani Setyaningrum Universitas Pelita Bangsa
  • Wahyu Hadikristanto Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i01.13

Keywords:

UMKM, Marketplace, Pendidikan

Abstract

Kegiatan ini merupakan program tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dengan harapan adanya pengabdian ini dapat  memberikan kontribusi agar para pelaku UMKM memahami bahwa memasarkan produk sudah bukan di toko, event dan door to door, melainkan sudah bisa bermatamorvosa untuk siap memasarkan produk nya ke jangkauan yang  lebih luas yaitu dengan  memanfaatkan marketplace Bekasi Mart. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan  dengan beberrapa pendekatan yaitu pertama tahapan  melakukukan sosialisasi terhadap pelaku kepentingan  (pemkot bekasi dan umkm), penyusunsan materi, penyusunan jadwal pelaksanaan, dan pembagian tugas, tim pelaksana kegiatan PKM ini adalah 2 dosen dari Fakultas  Ekonim dan Bisnisa, 3 dari fakultas  Teknik , Tim pengabdian membuatkan platform marketplace dan materi penggunaan guna mempermudah UMKM dalam memasarkan produk nya. Hasil pengabdian kepada masarakat yaitu adanya tempat memasarkan produk – produk UMKM berbasis online yang  bertujuan untuk mempermudah memasarkan produk lebih luas hingga harapanya dapat memberikan semengat baru dalam proses pemasaran.

References

Ahyuna, Hamzah, M., D., dan Najib, M., 2013. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 2, No.1 Januari – Maret 2013, 30-40

Akbar, M.R., Sarana, Suwondo, A., 2016, Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Sebagai Sarana Perdagangan Batik dengan Marketplace di Pekalongan, Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif SEMARANG, Vol.01, Tahun 2016, ISSN: 2477-2097.

Kotler, Philip., Amstrong, Garry., 2004, Principle of Marketing, 10th Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). menjadi enterpreneur muda yang memiliki jiwa leadership untuk menghadapi masa depan. Abdi Laksana,

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172. Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana, 1(1).

Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang,Tantangan, Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum.

Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang,Tantangan, Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum.

Taryadi, Yunianto, E., Royani, N.I., 2105, Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-Marketplace UMKM Batik di Kota Pekalongan, Jurnal Litbang Kota Pekalongan, Vol.8 Tahun 2015

Downloads

Published

2023-01-31