Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan E-Modul Sains di SDN Pondok Bambu 06

Authors

  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa
  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa
  • Donny Maulana Universitas Pelita Bangsa
  • Rani Nur Umah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.117

Keywords:

E-modul, Sains, Flipbook

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki beberapa tujuan utama. Pertama tujuan utama adalah untuk menyediakan sumber daya pendidikan yang mudah diakses dan efektif bagi siswa. E-modul sains berbasis flipbook ini dikembangkan dengan memperhatikan aspek pembelajaran yang interaktif dan menarik sehingga siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan. Selain itu pengabdian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para guru diharapkan mereka dapat mengintegrasikan e-modul ini secara efektif dalam proses pembelajaran di kelas. Guru juga diberikan pemahaman tentang penggunaan e-modul di rumah sehingga dapat berkolaborasi dengan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran siswa di rumah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah diskusi, pendampingan dan praktik. Diskusi digunakan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya penggunaan e-modul dalam pembelajaran sains. Pendampingan dilakukan untuk membantu guru dalam mengoperasikan e-modul dan memberikan saran dalam penggunaannya. Praktik dilakukan untuk memberikan pengalaman langsung kepada guru dalam menggunakan e-modul dalam kegiatan pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan e-modul sains ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui penggunaan teknologi dalam pembelajaran diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inovatif dan mendorong siswa untuk lebih aktif dan antusias dalam belajar.

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 117-119.

Herawati, N. S. (2020). Pengembangan Modul. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, 57-69.

Inanna Nurjannah, A. A. (2021). Modul Elektronik ( E-Modul ) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 1232-241.

Kebudayaan, K. P. (2019). Digitalisasi Sekolah Mendayung Generasi Indonesia Maju. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 1-36.

Najuah Lukitoyo, P. S. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis, 50.

Pakpahan, I. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Bumi Dan Alam Semesta Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya. BADA'A: Jurnal Ilmiah, 440-453.

Pujiriyanto. (2019). MODUL 2 "Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21". Modul 2 PPG, 168.

Pujiriyanto. (2019). MODUL 2 "Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21". 168.

Simamora, W. S. (2021). E-Modul Ipa Untuk Memfasilitasi Siswa Menengah Atas Belajar Mandiri. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 26-39.

Downloads

Published

2023-08-14

Issue

Section

Articles