Pengenalan Manajemen Kelas Dalam Upaya Efektifitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.116Keywords:
Manajemen Kelas, Pembelajaran Prima, GuruAbstract
Manajemen Kelas merupakan hal yang sangat krusial bagi seorang pengajar dalam menyelenggarakan pembelajaran yang prima. Pembelajaran akan berjalan secara maksimal apabila pengajar dapat mengaplikasikan keterampilannya baik dalam tahapan perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. manajemen kelas memegang peranan penting karena melalui manajemen kelas diharapkan guru dapat menganalisis potensi yang dimiliki peserta didik, mengevaluasi proses pembelajaran, sekaligus memecahkan permasalahan yang ditemukan di dalam kelas. Sebagai sebuah bagian dari keilmuan dalam pendidikan dasar, mempelajari manajemen kelas adalah sebuah keharusan, sehingga pembaharuan di dalam penyelenggaraan pembelajaran dapat terus ditingkatkan. pengabdian ini diselenggarakan di SDN Pondok Bambu 06 Jakarta Timur. Selama proses pengabdian berlangsung, peserta pengabdian yakni guru SDN Pondok Bambu 06 sangat antusias. Peserta merasa terbekali dengan ilmu yang kian baru mengenai manajemen kelas. Hasil dari pengabdian ini adalah guru merasakan manajemen kelas yang makin variatif sehingga pembelajaran dapat diselenggarakan dengan menampilkan hal hal yang inovatif yang berkaitan dengan penggunaan model dan metode pembelajaran, cara mengevaluasi pembelajaran, dan keterampilan dalam memutuskan solusi dalam permasalahan kelas yang ditemukan dalam diri peserta didik.
References
Ahmad, Sabri.2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT.Ciputat Press
Aswandi, (2010) Membangun Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Karakter, dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Publikasi Ilmiah Pendidikan Umum dan Nilai, Vol. 2 No. 2 Juli 2010.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Cet Ke-5. Jakarta: Rineka Cipta.
Jeni Gichara, 2012, Kelas Sehat Prestasi Hebat, (Jakarta: PT Gramedia), h. 86- 87
Juhji. J.2017. Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Serang: Puslitpen LP2M IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Karwati, Euis dan Priansya, Donni Juni. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.
Mulyadi. 2009. Classroom Manajement Mewujudkan Suasana Kelas Yang Menyenagkan Bagi Siswa.Malang: Aditya Media
Oviyanti, Fitri. 2009. Pengelolaan Pengajaran. Cet Ke-2. Palembang: Rafa Press.Ridwan. 2016. “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sman 1 Sigi”. Jurnal KIAT Universitas Alkhairaat. 8 (1),54-64.
Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Rosdakarya
Watiningsih (2008). Pengelolaan Kelas Terhadap Mutu Proses Belajar Mengajar di SMK Negeri Program Bisnis dan Manajemen Se-Kota Bandung. Skripsi. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2016.
Wiyani, Novan Ardy.2013. Manajemen Kelas Teori Dan Aplikasi Unuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ira Restu Kurnia, Maha Putra, Awalina Barokah, Rani Nur Umah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.