Sosialisasi Investasi Emas Digital Bagi Generasi Millenial di Pulau Tidung

Authors

  • Fathihani Fathihani Universitas Dian Nusantara
  • Nur Endah Retno Wuryandari Universitas Dian Nusantara
  • Yanthy Herawaty Purnama Universitas Dian Nusantara
  • Setiyo Purwanto Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.113

Keywords:

Investasi, Emas Digital, Generasi Millenial, Anak Usia Dini

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin berkembang, sehingga membuat setiap orang dituntut untuk memenuhi kebutuhan finansialnya dalam jangka panjang. Banyak cara untuk mempersiapkan kebutuhan dimasa mendatang salah satunya dengan berinvestasi. Salah satu bentuk investasi real asset yang minim resiko yaitu investasi emas yang merupakan salah satu instrument investasi yang stabil dan memiliki sifat Zero Inflation. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui permasalahan mengenai keuangan generasi millennial dan memperkenalkan investasi emas digital bagi generasi millenial serta memberikan solusi perbaikan masalah tersebut dengan memberikan pemahaman mengenai pengelolaan keuangan yang baik agar dapat memilih investasi yang tepat. Dalam  pelaksanaan    kegiatan    pengabdian  ini    dilakukan  dengan  tiga  tahapan,  yaitu  persiapan,  pelaksanaan  dan pelaporan.Kegiatan  ini  dilaksanakan  pada  27 Mei 2023,  bertempat  di  Pulau Tidung, Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Pada kegiatan Pengabdian ini menemukan bahwa rendahnya pemahaman investasi adalah kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan keuangan dan perilaku keuangan yang cenderung boros. Sedangkan upaya perbaikan tertuang dalam tahapan action yaitu dengan 5W+1H. Penelitian ini menghasilkan perbaikan persentasi generasi millennial yang belum memahami investasi emas digital dari 85% menjadi 20% yang berarti terjadi penurunan sebesar 65%. Indikator penilaian ini dilakukan dengan metode evaluasi berkala selama 3 bulan yaitu dengan memonitoring aplikasi penggunaan investasi emas digital yang diterapkan pada saar kegiatan PkM berlangsung. Hasil program ini dapat menambah pemahaman dan pengetahuan mengenai investasi untuk para pemuda di pulau tidung sehingga dapat menyiapakan diri untuk mengatur keuangan dimasa depan. Para  pemuda pulau tidung mengharapkan    adanya    kunjungan    lain    dengan    bentuk    yang    sama    ke wilayah mereka    untuk  memberikan  pengenalan lebih  mengenai investasi.

References

Afriani, R. I., & Kartika, R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge Dan Locus Control Terhadap Minat Berinvestasi Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 163.

Budiman, J., & Jasika, J. (2019). Analisis Faktor Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Emas Masyarakat Kota Batam. Journal of Global Business and Management Review, 1(1), 25.

Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Manfaat, dan Modal Terhadap Minat Investasi.Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28.

Chen, X., Teng, L., & Chen, W. (2022). How does FinTech affect the development of the digital economy? evidence from China. North American Journal of Economics and Finance, 61(April), 101697.

Kurniawan, C., Pramika, D., Hodsay, Z., Yulaini, E. (2021). Sosialisasi Investasi Bagi Generasi Muda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2).

Kajol, K., Singh, R., & Paul, J. (2022). Adoption of digital financial transactions: A review of literature and future research agenda. Technological Forecasting and Social Change, 184(September), 121991.

Manik, N. N. A. F. P. I. J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z Dalam BerinvestasiTabung Emas Pada Pegadaian Digital Syariah. Jurnal Cakrawala Ilmiah, Vol.1(4), 637–646.

Murti Wijayanti. (2022). International Journal of Education , Information Technology and Others ( IJEIT ). International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 5(2), 389–399.

Nur Izza Ripadi. (2020). Analisis Keamanan dan Risiko Investasi Emas Digital Terhadap minat Investasi: Studi Pada Pegadaian Digital Service. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13(2), 101–107.

Prihastuty, D. R., & Rahayuningsih, S. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Financial Attitude, Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif ( Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ). Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03(02), 121–134.

Puspita Sari, J. D., & Azzafira, S. A. (2021). Analisis pengaruh pendapatan dan pengetahuan terhadap minat calon nasabah berinvestasi emas di Pegadaian Syariah. Jurnal Investasi Islam, 6(2), 95–117.

Putra, A. P., & Aristyanto, E. (2021). Pemberdayaan UMKM Berbasis Digital di Kampung Logam Ngingas Kabupaten Sidoarjo. 4, 1451–1455.

Rahma, A. P., & Canggih, C. C. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Investasi Emas. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 98–108.

Rahadi, D. R., & Stevanus, Y. (2020). Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen Investasi Masa Depan : Studi Literatur. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(2), 162–177.

Thomas, H., & Hedrick-Wong, Y. (2019). How Digital Finance and Fintech Can Improve Financial Inclusion. Inclusive Growth, 27–41.

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 86–94.

Downloads

Published

2023-08-08

Issue

Section

Articles