Peningkatan Kompetensi Guru SD melalui Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Deep Learning di SD Inpres Pilasue, Rote Selatan

Authors

  • Maxsel Koro Universitas Nusa Cendana
  • Adam B. Nifu Benu Universitas Nusa Cendana
  • Daniel W. Fointuna Universitas Nusa Cendana
  • Gaudensius J. L. Koten Universitas Nusa Cendana
  • Jimylton Dethan Universitas Nusa Cendana
  • Livia Eunike Paut Universitas Nusa Cendana
  • Marchel H. Djami Riwu Universitas Nusa Cendana
  • Marfelano Bessie Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i04.1053

Keywords:

Deep Learning, guru 3T, modul ajar, pelatihan guru, Pengabdian masyarakat

Abstract

Modul ajar merupakan perangkat kunci yang memberikan kerangka belajar komprehensif bagi siswa di kelas. Kerangka belajar bagi siswa harus disusun dengan menggunakan pendekatan yang relevan dengan cara belajar masa kini. Deep Learning menjadi salah satu pendekatan yang wajib diterapkan di sekolah dasar saat ini. Pelatihan penyusunan Modul ajar berbasis Deep Learning yang dilaksanakan PGSD UNDANA membantu guru “3T” agar secara baik dan lengkap mampu menyusun modul ajar di sekolah dasar. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah interaktif, diskusi, serta pendampingan intens pada setiap guru yang mengabdi di sekolah tersebut. Pelatihan ini diberikan oleh dua orang narasumber bersama tim dosen program studi. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini, guru-guru mampu memahami dan menyusun modul ajar dengan pendekatan Deep Learning di sekolah dasar dengan lengkap disertai perangkat pendukung lainnya seperti bahan ajar, LKPD, dan media pembelajaran. Guru SD Inpres Pilasue menghasilkan 8 modul ajar berbasis Deep Learning yang siap digunakan dalam tahun akademik berjalan.

References

Archer-Kuhn, B., Wiedeman, D., & Chalifoux, J. (2020). Student Engagement and Deep Learning in Higher Education: Reflections on Inquiry-Based Learning on Our Group Study Program Course in the UK. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 24(2), 107–122.

Archiopoli, A. M., & Murray, C. R. (2019). Deep-learning practices in the Hispanic-serving and minority-serving context Introduction and Rationale. Journal of Service-Learning in Higher Education , 9

Dwipayana,I Kadek Adhi. (2025). Strategi Terpadu Pembelajaran Membaca Teks Sastra yang Berkesadaran (Mindful): Sinergi Pembacaan Multiperspektif dan Strategi Tri-Mind. Sandibasa III (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/4755

Fitria, H., & Suminah, S. (2020). Role of Teachers in Digital Instructional Era. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.11

Haryanti, Y. D., Yuliati, Y., Indani Damayanti, Mahpudin, M., Devi Afriyuni Yonanda, Rafa Diak Intifada, & Arie Rahman. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Bagi Guru Sdit Al-Azhar Madani Center. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 3(3), 557–568. https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i3.2130

Mas’ud B, Malik, M. A., Agustini, Asrida, Dewi, F., & Ramadhan, F. (2025). Workshop Pembuatan Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Menggunakan AI. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 397–405. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i2.1403

Mardlatillah,Sandy Diana & Sa’adah, Nurus. (2022). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Gaya Belajar Pada Peserta Didik. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 45–55. https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6433

Solih, M., Habibah, A. H., & Julia, A. P. (2022). Teacher’s Professional Role In Improving The Learning Process. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2115–2120. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4540

Syaiful, R., Mochammad, N., & Amrozi, K. (2024). Meaningful Learning in Philosophical Perspective: A Review of Ontology, Epistemology, and Axiology. Journal of Education Technology and Inovation, 7(2), 89–94. https://doi.org/10.31537/jeti.v7i2.2152

Taneo, S. P., Koro, M., & Benu, A. B. N. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning bagi Guru SD di Kota Atambua. Jurnal Abdi …, 1, 129–138. https://jurnal.yayasanmeisyarainsanmadani.com/index.php/JAMPI/article/view/259%0Ahttps://jurnal.yayasanmeisyarainsanmadani.com/index.php/JAMPI/article/download/259/180.https://doi.org/10.64690/jampi.v1i2.259.

Downloads

Published

2025-10-31