Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam Pemilihan Tema Skripsi dan Karier Cybersecurity melalui Webinar Akademik

Authors

  • Didit Suhartono Universitas Amikom Purwokerto
  • Anisaa Qothrunnada Khoirunnita Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i04.1052

Keywords:

Cybersecurity, Pendampingan Skripsi, Webinar Akademik, Peluang Karier, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat meningkatkan urgensi penguatan kapasitas mahasiswa dalam bidang keamanan siber, terutama dalam menentukan arah penelitian dan karier. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto yang berminat mengambil tema skripsi di bidang cybersecurity sering menghadapi kendala seperti kesulitan menentukan topik yang relevan, keterbatasan referensi, dan pemilihan metodologi penelitian yang tepat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menghadirkan pendekatan baru berupa webinar interaktif berbasis riset kebutuhan mahasiswa, yang mengintegrasikan aspek akademik dengan peluang profesional. Webinar bertajuk “Cybersecurity: Tema Skripsi dan Peluang Kerja” dilaksanakan pada 9 Agustus 2025 dengan melibatkan 50 peserta dari tiga program studi serta menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi industri. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui post-test dan angket umpan balik berbasis skala Likert 1–5 untuk menilai peningkatan wawasan dan tingkat kepuasan peserta terhadap materi, narasumber, serta relevansi topik. Hasil analisis menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi, di mana lebih dari 90% responden memberikan skor 4 dan 5 pada indikator peningkatan pemahaman, kemudahan menentukan topik, dan pemahaman peluang kerja. Kegiatan ini menjadi bentuk inovatif dalam menghubungkan kesiapan akademik mahasiswa dengan kebutuhan dunia industri, sekaligus memberikan model pembinaan tematik yang dapat direplikasi pada bidang keilmuan lainnya.

References

Alerin, F. F., Zuhdi Aldhansyaf, H., Hidayat, R., & Harmonedi, H. (2025). Strategi identifikasi masalah penelitian untuk meningkatkan mutu karya ilmiah di perguruan tinggi keagamaan Islam. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 454–461. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1033

Alviani, C. D., Padi, A. S., & Puspitasari, N. (2024). Keamanan siber di masa depan: Tantangan dan teknologi yang dibutuhkan. Seminar Nasional Amikom Surakarta (Semnasa) 2024, 1(November), 1247–1254.

Aska, F. M., Pratama Putta, D., & Julyana Magdalena Sinambela, C. (2024). Strategi efektif untuk implementasi keamanan siber di era digital. Journal of Information and Information Security (JIFORTY), 5(2), 187–200. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jiforty

Azhari, R. P. (2024). Metodologi penelitian dalam pengembangan keamanan data untuk sistem informasi. August, i–24. https://www.researchgate.net/publication/383145632

Ginanjar, Y. (2022). Strategi Indonesia membentuk cyber security dalam menghadapi ancaman cyber crime melalui Badan Siber dan Sandi Negara. Jurnal Dinamika Global, 7(02), 291–312. https://doi.org/10.36859/jdg.v7i02.1187

Huzaifah, A. S. (2024). Peningkatan kompetensi mahasiswa di bidang network computer dan cyber security melalui program studi independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(3), 53–60.

Liriwati, F. Y. (2023). Efektivitas pembelajaran metodologi penelitian dengan pemahaman mahasiswa dalam penulisan skripsi. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 129–142. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.195

Maesaroh, S. R. (2025). Tantangan keamanan siber dan implikasinya terhadap hukum kenegaraan: Tinjauan atas peran negara dalam menjamin ketahanan digital. Staatsrecht: Jurnal Hukum Kenegaraan dan Politik Islam, 4(2), 255–274. https://doi.org/10.14421/3n8bxw79

Muttaqin, A. R., Wibawa, A., & Nabila, K. (2021). Inovasi digital untuk masyarakat yang lebih cerdas 5.0: Analisis tren teknologi informasi dan prospek masa depan. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 1(12), 880–886. https://doi.org/10.17977/um068v1i122021p880-886

Prehanto, A., Gelar, R., & Masum, N. (2021). Pemanfaatan webinar sebagai alternatif digitalisasi informasi dalam seminar kurikulum. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34356

Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2025). Swati Ray, Joyati Das, Ranjana Pande, and A. Nithya. [Judul tidak tersedia], 4(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Saefullah, A., & Agustina, I. (2023). Efektifitas program webinar kewirausahaan bagi mahasiswa STIE Ganesha. Analisis, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2520

Sabila, N. S., Atman, W., Perintis Kemerdekaan Km, J., & Selatan, S. (2025). Studi kasus kebocoran data SIM card oleh Bjorka: Dampaknya terhadap kepercayaan publik terhadap keamanan digital di Indonesia. Sosial Simbiosis: Jurnal Integrasi Ilmu Sosial dan Politik, 2(3), 142–154. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Sosial/article/view/1998

Segara, G. K., & Nasution, I. P. (2025). Perkembangan teknologi informasi di Indonesia: Tantangan dan peluang. Jurnal Sains Student Research, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3128

Surbakti, F. P. S. (2025). INSAN education: Towards responsible internet users. Community Empowerment, 10(2), 244–252. https://doi.org/10.31603/ce.12934

Downloads

Published

2025-11-02