Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam Pemilihan Tema Skripsi dan Karier Cybersecurity melalui Webinar Akademik
DOI:
https://doi.org/10.59422/lp.v3i04.1052Keywords:
Cybersecurity, Pendampingan Skripsi, Webinar Akademik, Peluang Karier, Pengabdian MasyarakatAbstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat meningkatkan urgensi penguatan kapasitas mahasiswa dalam bidang keamanan siber, terutama dalam menentukan arah penelitian dan karier. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto yang berminat mengambil tema skripsi di bidang cybersecurity sering menghadapi kendala seperti kesulitan menentukan topik yang relevan, keterbatasan referensi, dan pemilihan metodologi penelitian yang tepat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menghadirkan pendekatan baru berupa webinar interaktif berbasis riset kebutuhan mahasiswa, yang mengintegrasikan aspek akademik dengan peluang profesional. Webinar bertajuk “Cybersecurity: Tema Skripsi dan Peluang Kerja” dilaksanakan pada 9 Agustus 2025 dengan melibatkan 50 peserta dari tiga program studi serta menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi industri. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui post-test dan angket umpan balik berbasis skala Likert 1–5 untuk menilai peningkatan wawasan dan tingkat kepuasan peserta terhadap materi, narasumber, serta relevansi topik. Hasil analisis menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi, di mana lebih dari 90% responden memberikan skor 4 dan 5 pada indikator peningkatan pemahaman, kemudahan menentukan topik, dan pemahaman peluang kerja. Kegiatan ini menjadi bentuk inovatif dalam menghubungkan kesiapan akademik mahasiswa dengan kebutuhan dunia industri, sekaligus memberikan model pembinaan tematik yang dapat direplikasi pada bidang keilmuan lainnya.
References
Alerin, F. F., Zuhdi Aldhansyaf, H., Hidayat, R., & Harmonedi, H. (2025). Strategi identifikasi masalah penelitian untuk meningkatkan mutu karya ilmiah di perguruan tinggi keagamaan Islam. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 454–461. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1033
Alviani, C. D., Padi, A. S., & Puspitasari, N. (2024). Keamanan siber di masa depan: Tantangan dan teknologi yang dibutuhkan. Seminar Nasional Amikom Surakarta (Semnasa) 2024, 1(November), 1247–1254.
Aska, F. M., Pratama Putta, D., & Julyana Magdalena Sinambela, C. (2024). Strategi efektif untuk implementasi keamanan siber di era digital. Journal of Information and Information Security (JIFORTY), 5(2), 187–200. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jiforty
Azhari, R. P. (2024). Metodologi penelitian dalam pengembangan keamanan data untuk sistem informasi. August, i–24. https://www.researchgate.net/publication/383145632
Ginanjar, Y. (2022). Strategi Indonesia membentuk cyber security dalam menghadapi ancaman cyber crime melalui Badan Siber dan Sandi Negara. Jurnal Dinamika Global, 7(02), 291–312. https://doi.org/10.36859/jdg.v7i02.1187
Huzaifah, A. S. (2024). Peningkatan kompetensi mahasiswa di bidang network computer dan cyber security melalui program studi independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(3), 53–60.
Liriwati, F. Y. (2023). Efektivitas pembelajaran metodologi penelitian dengan pemahaman mahasiswa dalam penulisan skripsi. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 129–142. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.195
Maesaroh, S. R. (2025). Tantangan keamanan siber dan implikasinya terhadap hukum kenegaraan: Tinjauan atas peran negara dalam menjamin ketahanan digital. Staatsrecht: Jurnal Hukum Kenegaraan dan Politik Islam, 4(2), 255–274. https://doi.org/10.14421/3n8bxw79
Muttaqin, A. R., Wibawa, A., & Nabila, K. (2021). Inovasi digital untuk masyarakat yang lebih cerdas 5.0: Analisis tren teknologi informasi dan prospek masa depan. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 1(12), 880–886. https://doi.org/10.17977/um068v1i122021p880-886
Prehanto, A., Gelar, R., & Masum, N. (2021). Pemanfaatan webinar sebagai alternatif digitalisasi informasi dalam seminar kurikulum. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34356
Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2025). Swati Ray, Joyati Das, Ranjana Pande, and A. Nithya. [Judul tidak tersedia], 4(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Saefullah, A., & Agustina, I. (2023). Efektifitas program webinar kewirausahaan bagi mahasiswa STIE Ganesha. Analisis, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2520
Sabila, N. S., Atman, W., Perintis Kemerdekaan Km, J., & Selatan, S. (2025). Studi kasus kebocoran data SIM card oleh Bjorka: Dampaknya terhadap kepercayaan publik terhadap keamanan digital di Indonesia. Sosial Simbiosis: Jurnal Integrasi Ilmu Sosial dan Politik, 2(3), 142–154. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Sosial/article/view/1998
Segara, G. K., & Nasution, I. P. (2025). Perkembangan teknologi informasi di Indonesia: Tantangan dan peluang. Jurnal Sains Student Research, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3128
Surbakti, F. P. S. (2025). INSAN education: Towards responsible internet users. Community Empowerment, 10(2), 244–252. https://doi.org/10.31603/ce.12934
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didit Suhartono, Anisaa Qothrunnada Khoirunnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.
