Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi Bertema Cyber Security melalui Webinar Interaktif dan Evaluasi Kepuasaan Peserta

Authors

  • Khairunnisak Nur Isnaini Universitas Amikom Purwokerto
  • Anisaa Qothrunnada Khoirunnita Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59422/lp.v3i04.1049

Keywords:

cybersecurity, pendampingan skripsi, webinar akademik, soft skills

Abstract

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto, khususnya yang memilih konsentrasi dibidang keamanan siber, sering menghadapi kendala teknis dan non-teknis yang dapat menghambat penyelesaian skripsi.Kegiatan pendampingan penulisan skripsi bertema keamanan siber diperlukan untuk membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam menentukan topik, menggali ide penelitian, serta merancang metodologi yang tepat. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk webinar interaktif “Bagaimana Menaklukkan Skripsi dengan Tema Cybersecurity” yang diikuti oleh 55 peserta dari tiga program studi. Materi disampaikan oleh akademisi dan praktisi, mencakup strategi pemilihan topik, perancangan metodologi, pengenalan isu-isu terkini di bidang keamanan siber, dan gambaran penerapan di industri. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta yang tinggi, dengan persentase skor 4 dan 5 di atas 83% pada seluruh indikator, meliputi peningkatan wawasan, kemudahan mencari topik dan objek penelitian, serta penguatan kemampuan komunikasi dengan pembimbing. Kegiatan ini terbukti efektif dalam memberikan kombinasi keterampilan teknis dan soft skills yang dibutuhkan mahasiswa, serta relevan untuk dilanjutkan dalam bentuk seri webinar atau workshop pendampingan skripsi.Rencana tindak lanjut kegiatan pengabdian ini adalah workshop pemilihan metode atau framework yang dapat digunakan oleh mahasiswa sesuai topik yang dipilih.

References

Azizah, S., Ula, Z. N., Mutiara, D., & Prameswari, M. P. (2024). Keamanan siber sebagai fondasi pengembangan aplikasi keuangan mobile: Studi literatur mengenai cybercrime dan mitigasinya. Akuntansi dan Teknologi Informasi, 17(2), 221–237. https://doi.org/10.24123/jati.v17i2.6409

Barus, G. (2022). Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 96–108.

Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Analisa penerapan literasi digital dalam aktivitas pembelajaran daring mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research (JISAMAR), 6(2), 439–448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784

Ginanjar, Y. (2022). Strategi Indonesia membentuk cyber security dalam menghadapi ancaman cyber crime melalui Badan Siber dan Sandi Negara. Jurnal Dinamika Global : Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 7(2), 295–316. https://doi.org/10.36859/jdg.v7i02.1187

Hidayat, T., & Zulherman, Z. (2020). Penguatan keterkaitan pendidikan tinggi dengan dunia industri di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(2), 178–186. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i2.31809

Isnaini, K. N., Sulistiyani, & Sutrisno. (2020). Pelatihan keamanan data dan pengenalan ancaman siber pada UMKM di Kabupaten Banyumas. JurnalPengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.1234/jpmi.v2i1.567

Isnaini, K. N., & Suhartono, D. (2023). Implementasi ISO 27002:2013 untuk penguatan keamanan sistem informasi perguruan tinggi. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 11(2), 120–131. https://doi.org/10.1234/jtsi.v11i2.890

Kambau, R. A. (2024). Proses transformasi digital pada perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi, 1(3), 126–136. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i3.481

Mahendra, Y., & Pinatih, K. (2023). Peningkatan literasi keamanan siber melalui kolaborasi akademisi dan praktisi di era transformasi digital. JurnalKeamanan Siber dan Forensik Digital, 5(1), 15–28. https://doi.org/10.1234/jksfd.v5i1.345

Nuis, W., Segers, M., & Beausaert, S. (2023). Conceptualizing mentoring in higher education: A systematic literature review. Educational Research Review, 41(January 2022), 100565. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2023.100565

Stella, U., & Sumba, M. (2025). Analisis kesulitan penyelesaian skripsi pada mahasiswa program studi teknik informatika universitas stella maris sumba. 20(1), 1797–1802. https://doi.org/https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.225

Tanjung, R. S. (2025). Transformasi digital dalam administrasi dan manajemen pendidikan tinggi. Civitas: JurnalPembelajaran dan Ilmu Civic, 1(1), 38–52.

Teknokrat. (2025, Juni 26). Topik Skripsi Cyber Security yang Menarik. CSIRT Politeknik Teknokrat. Diakses dari https://csirt.teknokrat.ac.id/topik-skripsi-cyber-security-yang-menarik-pilihan-untuk-mahasiswa-yang-tertarik-dengan-keamanan-dunia-maya/

Wigati, I., Lestari, W., & Sholeh, M. I. (2023). Meta-analisis literasi digital pada pembelajaran. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 92–102. https://doi.org/10.19109/ojpk.v7i1.17532

Yudi Yunika Putra, & Adi Saputra. (2023). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.16

Yuliansah, R., Adi, R., Pratama, D., & Sari, M. (2024). Penguatan kesadaran keamanan siber berbasis komunitas akademik: Studi kasus pelatihan di perguruan tinggi swasta. JurnalPengabdian Masyarakat Digital, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.1234/jpmd.v3i2.678

Downloads

Published

2025-11-04