https://jurnal.lenteranusa.id/index.php/lbm/issue/feed Revenue: Lentera Bisnis Manajemen 2024-08-30T12:38:09+00:00 Muhamad Ekhsan mangunjayan@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Lentera Bisnis Manajemen</strong>, diterbitkan oleh Lentera Ilmu Nusantara. Jurnal Lentera Bisnis Manajemen mewadahi publikasi hasil Penelitian bidang ilmu Bisnis dan Manajemen yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal Lentera Bisnis Manajemen merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System, diterbitkan 4 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan <strong>Februari, Mei, Agustus </strong>dan <strong>November</strong>.</p> https://jurnal.lenteranusa.id/index.php/lbm/article/view/437 Peran Psikologi Komunikasi dalam Meningkatkan Brand Equity dan Loyalitas Pelanggan Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus pada PT. Berkah Bermain Bersama) 2024-07-17T05:59:07+00:00 Surya Aditya aditzulfadli@gmail.com Mohamad Bastomi mb.bastomi@unisma.ac.id <p>Penelitian ini berfokus pada bagaimana psikologi komunikasi berperan dalam meningkatkan nilai merek (brand equity) dan loyalitas pelanggan di PT. Berkah Bermain Bersama. Tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas penggunaan psikologi komunikasi dalam pemasaran produk perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, yang memungkinkan pembahasan mendalam mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan psikologi komunikasi oleh PT. Berkah Bermain Bersama memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan brand equity dan loyalitas pelanggan, serta dalam memahami pasar. Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti persaingan yang intens, kurangnya konsistensi dalam strategi, dan perubahan tren pasar yang cepat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi strategi dalam menerapkan psikologi komunikasi pada bisnis, terutama dalam sektor game digital. Dengan demikian, UMKM dan perusahaan sejenis dapat lebih baik menganalisis strategi psikologi komunikasi yang mereka terapkan untuk meningkatkan nilai jual dan loyalitas pelanggan.</p> 2024-08-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Surya Aditya, Mohamad Bastomi https://jurnal.lenteranusa.id/index.php/lbm/article/view/436 Efisiensi dan Efektivitas Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT 2024-08-30T08:07:08+00:00 Sattya Attika Zildjian Khrisna Amour sattyaattika@gmail.com Siti Fatimatusalwa sfatimatusalwa@gmail.com Mohamad Bastomi mb.tomi@unisma.ac.id <p>Artikel ini membahas&nbsp; Efisiensi dan Efektivitas Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan <em>Business Model Canvas</em> (BMC) dan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Sego Sambel Apel Malang). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis yang terdapat pada&nbsp; usaha Sego Sambal Apel di wilayah Malang melalui pendekatan <em>Business Model Canvas</em> dan Analisis SWOT. Metode penelitian yang kami gunakan dalam pembuatan artikel ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan <em>Business Model Canvas (BMC)</em> dan analisis SWOT <em>(Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). </em>Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dalam artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana mengembangkan bisnis secara efisien dan efektif dengan cara menggunakan strategi yang dapat meningkatkan usaha dalam bisnis tersebut sehingga mengetahui peluang untung serta kelemahan dalam bisnis.</p> 2024-09-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sattya Attika Zildjian Khrisna Amour, Siti Fatimatusalwa, Mohamad Bastomi