Stres Kerja dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Rumah Makan Sunda X

Authors

  • Nashya Siti Fatimah Yusuf Universitas Kristen Maranatha
  • Rusli Ginting Munthe Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v3i03.938

Keywords:

Stres kerja, Kepuasaan kerja karyawan, Manajemen stres, Beban kerja, Industri Restoran

Abstract

Merujuk pada lingkungan kerja yang dinamis dan penuh tekanan seperti industri jasa makanan, menjaga kepuasan kerja karyawan menjadi tantangan yang semakin relevan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengevaluasi dampak stres kerja terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan di CV. X, sebuah rumah makan khas Sunda yang berlokasi  di Kota Bandung , Indonesia. Pendekatan  yang digunakan adalah metode kuantitatif,  dengan total populasi sebanyak 40 karyawan, dan sampel yang terdiri dari 36  responden yang ditentukan berdasarkan Tabel Isaac dan Michael. Instrumen yang   digunakan berupa kuesioner, yang telah diuji  melalui analisis validitas (menggunakan korelasi Pearson  dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05) dan  reliabilitas (menggunakan  nilai Cronbach’s alpha di atas 0,6 ). Data yang terkumpul dianalisis melalui uji normalitas menggunakan metode  Kolmogorov-Smirnov (dengan  kriteria  signifikansi lebih besar dari 0,05 ) serta  uji regresi linier sederhana. Hasil pengolahan   data menunjukkan  bahwa  stres kerja memiliki pengaruh negatif terhadap kepuasan  kerja sebesar 24,5%. Hal ini memperkuat hipotesis bahwa  semakin tinggi tingkat stres kerja, maka   kepuasan kerja akan  cenderung menurun. Dari sisi manajerial, hasil ini menunjukkan  pentingnya pengelolaan stres di tempat kerja , antara lain melalui program pelatihan, pembagian beban kerja yang seimbang, serta peningkatan aspek-aspek yang memengaruhi kepuasan karyawan seperti kompensasi dan kesempatan pengembangan karier. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam  memperkaya   pemahaman mengenai hubungan antara  stres kerja dan kepuasan kerja, khususnya di sektor restoran khas Sunda di wilayah Bandung. 

References

Ahmad, A. F. (2022). The influence of interpersonal conflict, job stress, and work life balance on employee turnover intention. International Journal of Humanities and Education Development (IJHED), 4(2), 1-14.

Al Qusaeri, M. A., Khasanah, M. A., Khasbulloh, M. W., & Mesra, R. (2023). Pengaruh budaya organisasi terhadap inovasi pada perusahaan teknologi: Studi deskriptif pada startup XYZ di Kota Bandung. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 114-123.

Aniversari, P. (2022). Pengaruh Stress Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT Aneka Gas Industri Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 1-24.

Bhastary, M. D. (2020). Pengaruh etika kerja dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 160-170.

Capone, V., Joshanloo, M., & Sang-Ah Park, M. (2022). Job satisfaction mediates the relationship between Psychosocial and Organization factors and Mental Well-Being in schoolteachers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(1), 593.

Fauzi, R. (2025). Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Tom Cococha Indonesia Tbk Kabupaten Bogor. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1), 55-64.

Hadiati, E. (2024). PENGEMBANGAN SDM DAN KEPUASAN KERJA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5664-5674.

Khaeruman, K., Mukhlis, A., Bahits, A., & Tabroni, T. (2024). Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 7(1), 41-50.

Khairunnisa, N., Ardan, M. A., & Nurhasanah, N. (2024). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Puskesmas X Samarinda. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 194-200. Khairunnisa, N., Ardan, M. A., & Nurhasanah, N. (2024). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Puskesmas X Samarinda. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 194-200.

Loo, P. T., Khoo-Lattimore, C., & Boo, H. C. (2021). How should I respond to a complaining customer? A model of Cognitive-Emotive-Behavioral from the perspective of restaurant service employees. International Journal of Hospitality Management, 95, 102882.

Maradita, F. (2020). HUMAN RESOURCE SCORECARD Mengaitkan Orang, Strategi dan Kinerja SDM (Suatu Model Pengukuran Kinerja SDM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 5(1), 15-18.

Mintawati, H. (2024). Analisis Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Melalui Sistem Reward. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 315-323.

Moro, S., Ramos, R. F., & Rita, P. (2021). What drives job satisfaction in IT companies?. International Journal of Productivity and Performance Management, 70(2), 391-407.

Pratiwi, F. (2023). Analisis Pengaruh Dukungan Sosial dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Anggota Kepolisian di Polres Wajo. Precise Journal of Economic, 2(2), 1-16..

Purwaningsih, A., & Claudia, M. (2024). Analisis Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Meningkatkan Kinerja dan Motivasi Karyawan melalui Sistem Penghargaan. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 38-45.

Puspitawati, N. M. D., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh kompensasi terhadap stres kerja dan kepuasan kerja karyawan. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan Ipteks, 9(2).

Rahman, S. A., Elsa, E., Fatimah, L., Hasanah, R. S., & Kosasih, U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 217-233.

Rivaldo, Y., Sulaksono, D. H., & Pratama, Y. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Damkar Pemko Batam. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 49-58.

Setyawan, A. T., Sholihah, A., & Rohmah, S. L. N. (2022). Kuliner Sunda di tengah laju modernitas: perkembangan rumah makan Sunda di Bandung tahun 1960-an hingga 2000-an. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 2(2), 204-218.

Silalahi, E. E., & Dianti, A. (2022). Pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada pelayanan teknik di PT. Mahiza Karya Mandiri Cabang Bekasi. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(2), 247-258.

Sumampouw, R. W. J. (2022). Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 1121-1128.

Suryadharma, M., Asthiti, A. N. Q., Putro, A. N. S., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (2023). Strategi kolaboratif dalam mendorong inovasi bisnis di industri kreatif: kajian kualitatif pada perusahaan desain grafis. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 172-181.

Waworuntu, E. C., Kainde, S. J., & Mandagi, D. W. (2022). Work-life balance, job satisfaction and performance among millennial and Gen Z employees: a systematic review. Society, 10(2), 384-398.

Yang, Y., Obrenovic, B., Kamotho, D. W., Godinic, D., & Ostic, D. (2024). Enhancing Job Performance: The Critical Roles of Well-Being, Satisfaction, and Trust in Supervisor. Behavioral Sciences, 14(8), 688.

Yanzeng, Z., Keyong, Z., Hongmin, C., Ziyu, L., Pengyu, L., & Lijing, W. (2024). The mechanisms linking perceived stress to pilots’ safety attitudes: a chain mediation effect of job burnout and cognitive flexibility. Frontiers in public health, 12, 1342221.

Downloads

Published

2025-08-15