Stres Kerja dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Rumah Makan Sunda X
DOI:
https://doi.org/10.59422/lbm.v3i03.938Keywords:
Stres kerja, Kepuasaan kerja karyawan, Manajemen stres, Beban kerja, Industri RestoranAbstract
Merujuk pada lingkungan kerja yang dinamis dan penuh tekanan seperti industri jasa makanan, menjaga kepuasan kerja karyawan menjadi tantangan yang semakin relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak stres kerja terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan di CV. X, sebuah rumah makan khas Sunda yang berlokasi di Kota Bandung , Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan total populasi sebanyak 40 karyawan, dan sampel yang terdiri dari 36 responden yang ditentukan berdasarkan Tabel Isaac dan Michael. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, yang telah diuji melalui analisis validitas (menggunakan korelasi Pearson dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05) dan reliabilitas (menggunakan nilai Cronbach’s alpha di atas 0,6 ). Data yang terkumpul dianalisis melalui uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov (dengan kriteria signifikansi lebih besar dari 0,05 ) serta uji regresi linier sederhana. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa stres kerja memiliki pengaruh negatif terhadap kepuasan kerja sebesar 24,5%. Hal ini memperkuat hipotesis bahwa semakin tinggi tingkat stres kerja, maka kepuasan kerja akan cenderung menurun. Dari sisi manajerial, hasil ini menunjukkan pentingnya pengelolaan stres di tempat kerja , antara lain melalui program pelatihan, pembagian beban kerja yang seimbang, serta peningkatan aspek-aspek yang memengaruhi kepuasan karyawan seperti kompensasi dan kesempatan pengembangan karier. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya pemahaman mengenai hubungan antara stres kerja dan kepuasan kerja, khususnya di sektor restoran khas Sunda di wilayah Bandung.
References
Ahmad, A. F. (2022). The influence of interpersonal conflict, job stress, and work life balance on employee turnover intention. International Journal of Humanities and Education Development (IJHED), 4(2), 1-14.
Al Qusaeri, M. A., Khasanah, M. A., Khasbulloh, M. W., & Mesra, R. (2023). Pengaruh budaya organisasi terhadap inovasi pada perusahaan teknologi: Studi deskriptif pada startup XYZ di Kota Bandung. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 114-123.
Aniversari, P. (2022). Pengaruh Stress Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT Aneka Gas Industri Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 1-24.
Bhastary, M. D. (2020). Pengaruh etika kerja dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 160-170.
Capone, V., Joshanloo, M., & Sang-Ah Park, M. (2022). Job satisfaction mediates the relationship between Psychosocial and Organization factors and Mental Well-Being in schoolteachers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(1), 593.
Fauzi, R. (2025). Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Tom Cococha Indonesia Tbk Kabupaten Bogor. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1), 55-64.
Hadiati, E. (2024). PENGEMBANGAN SDM DAN KEPUASAN KERJA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5664-5674.
Khaeruman, K., Mukhlis, A., Bahits, A., & Tabroni, T. (2024). Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 7(1), 41-50.
Khairunnisa, N., Ardan, M. A., & Nurhasanah, N. (2024). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Puskesmas X Samarinda. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 194-200. Khairunnisa, N., Ardan, M. A., & Nurhasanah, N. (2024). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Puskesmas X Samarinda. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 194-200.
Loo, P. T., Khoo-Lattimore, C., & Boo, H. C. (2021). How should I respond to a complaining customer? A model of Cognitive-Emotive-Behavioral from the perspective of restaurant service employees. International Journal of Hospitality Management, 95, 102882.
Maradita, F. (2020). HUMAN RESOURCE SCORECARD Mengaitkan Orang, Strategi dan Kinerja SDM (Suatu Model Pengukuran Kinerja SDM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 5(1), 15-18.
Mintawati, H. (2024). Analisis Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Melalui Sistem Reward. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 315-323.
Moro, S., Ramos, R. F., & Rita, P. (2021). What drives job satisfaction in IT companies?. International Journal of Productivity and Performance Management, 70(2), 391-407.
Pratiwi, F. (2023). Analisis Pengaruh Dukungan Sosial dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Anggota Kepolisian di Polres Wajo. Precise Journal of Economic, 2(2), 1-16..
Purwaningsih, A., & Claudia, M. (2024). Analisis Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Meningkatkan Kinerja dan Motivasi Karyawan melalui Sistem Penghargaan. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 38-45.
Puspitawati, N. M. D., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh kompensasi terhadap stres kerja dan kepuasan kerja karyawan. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan Ipteks, 9(2).
Rahman, S. A., Elsa, E., Fatimah, L., Hasanah, R. S., & Kosasih, U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 217-233.
Rivaldo, Y., Sulaksono, D. H., & Pratama, Y. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Damkar Pemko Batam. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 49-58.
Setyawan, A. T., Sholihah, A., & Rohmah, S. L. N. (2022). Kuliner Sunda di tengah laju modernitas: perkembangan rumah makan Sunda di Bandung tahun 1960-an hingga 2000-an. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 2(2), 204-218.
Silalahi, E. E., & Dianti, A. (2022). Pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada pelayanan teknik di PT. Mahiza Karya Mandiri Cabang Bekasi. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(2), 247-258.
Sumampouw, R. W. J. (2022). Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 1121-1128.
Suryadharma, M., Asthiti, A. N. Q., Putro, A. N. S., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (2023). Strategi kolaboratif dalam mendorong inovasi bisnis di industri kreatif: kajian kualitatif pada perusahaan desain grafis. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 172-181.
Waworuntu, E. C., Kainde, S. J., & Mandagi, D. W. (2022). Work-life balance, job satisfaction and performance among millennial and Gen Z employees: a systematic review. Society, 10(2), 384-398.
Yang, Y., Obrenovic, B., Kamotho, D. W., Godinic, D., & Ostic, D. (2024). Enhancing Job Performance: The Critical Roles of Well-Being, Satisfaction, and Trust in Supervisor. Behavioral Sciences, 14(8), 688.
Yanzeng, Z., Keyong, Z., Hongmin, C., Ziyu, L., Pengyu, L., & Lijing, W. (2024). The mechanisms linking perceived stress to pilots’ safety attitudes: a chain mediation effect of job burnout and cognitive flexibility. Frontiers in public health, 12, 1342221.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nashya Siti Fatimah Yusuf, Rusli Ginting Munthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta © Penulis.
Penulis tetap memegang hak cipta atas artikel ini dan mengizinkan jurnal untuk menerbitkannya. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk menggunakan, membagikan, dan mengadaptasi isi artikel selama mencantumkan atribusi yang tepat dan menggunakan lisensi yang sama untuk karya turunan.