Mengoptimalkan Kinerja pada Generasi Z yang Menjadi Pengurus Ormawa Fakultas Bisnis Maranatha Melalui Pelatihan
DOI:
https://doi.org/10.59422/lbm.v3i01.723Keywords:
Pelatihan, Kinerja, Generasi ZAbstract
Peran penting generasi Z dalam perkembangan sosial dan ekonomi Indonesia, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi, di mana mereka sering terlibat dalam organisasi kemahasiswaan untuk mengembangkan keterampilan dan potensi diri. Generasi Z yang sedang menempuh pendidikan tinggi terkadang mereka mengikuti organisasi kemahasiswaan selama mereka menempuh perkuliahan untuk mendapatkan pengalaman baru. Generasi Z merupakan salah satu generasi yang tertarik untuk mencoba hal-hal baru. Organisasi kemahasiswaan merupakan salah satu elemen penting yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi di dalam diri mereka. Pengalaman berorganisasi memberikan bekal kepada mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yaitu relasi sosial yang meningkat, kemampuan komunikasi yang meningkat, melatih jiwa kepemimpinan, dan soft skill lainnya yang bisa didapatkan dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan. Organisasi dapat mengelola sumber daya manusianya dengan memberikan mereka pelatihan yang berdampak pada meningkatnya kinerja mereka. Sasaran dalam penelitian ini adalah Pengurus SEMA HIMA yang telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Organisasional SEMA HIMA (PKOSH) periode Desember 2023 dan telah menyelesaikan masa jabatan selama satu tahun pada periode 2024. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja generasi Z yang menjadi pengurus organisasi mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form, responden yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 49 responden dan seluruh hasil dari responden tersebut dianggap layak untuk diolah lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelatihan berpengaruh terhadap Kinerja sebesar 18,4%. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan pelatihan kepemimpinan yang lebih mendalam bagi generasi Z di lingkungan pendidikan tinggi, guna meningkatkan kinerja dan potensi mereka di dunia kerja dan organisasi. Penelitian ini juga memberikan wawasan bagi pihak universitas dan organisasi kemahasiswaan untuk merancang pelatihan yang lebih efektif dalam mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa.
References
Agustina, M. (2023, Desember 31). Pandangan Gen Z : Organisasi Melatih Jiwa Kepemimpinan. Kumparan. https://kumparan.com/ningrumanjani307/pandangan-gen-z-organisasi-melatih-jiwa-kepemimpinan-21pYUZ9qxeF/2
Ahmadi. (2021). Optimalisasi Motivasi & Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Anwar, N., Sulton, F. A., Armanta, M. D., Ratnawati, I., & Suharmono. (2024). Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi terhadap Kinerja Generasi Z : Tinjauan Sistematis. Manajemen Business Innovation Conference-MBIC. (Vol. 7).
Budiono, W. G., Suryani, N. N., & Mitariani, N. W. E. (2024). Pengaruh Pelatihan, Pengembangan Karir dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Mitra Pemenang Denpasar. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. 25(1).
Darmawan, A., Anggelina, Y., & Sunardi. (2022). Motivasi, Pelatihan Kerja, Pengembangan Karir dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen. 12(1). https://doi.org/10.32502/jimn.v12i1.5142
Heriyanto, D., Utomo, W. P., Pasaman, K. A., Rizka, M. T., Hatauruk, Y. G., & Yulianti, F. (2024). Indonesia Gen Z Report 2024.
Isnaini, M., Fauziyah, H., Riwana, A., Unsilaturrohmah, & Haryanto, R. (2023). Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan BMT NU Jawa Timur. Jurnal Media Wahana Ekonomika. 20(2), 285–300.
Khairunnisa, N., Mariska, O., Ramadhan, R., Fajar, M., & Azzahra, B. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM terhadap Kinerja. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang, 4(2), 452–459.
Khunaini, A., DNS, Alfina S. R., Woenlandari, D. S., & Situmorang, B. B. (2024). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan terhadap Kinerja Karyawan di Era Digital. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 2(1), 48–64. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v2i1.2359
Marjiyanto, K. P., & Auliya, Z. F. (2020). Analisis Peningkatan Kompetensi, Pelatihan, dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Surakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2381
Maulina, F. (2024, November 13). 10 Peran Organisasi Mahasiswa dalam Kehidupan Akademisi. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/lanakue/6734620ec925c450631df422/10-peran-organisasi-mahasiswa-dalam-kehidupan-akademisi
Monoarfa, V., Kadir, M. T., Fatihah, N. S. A., & Taha, I. (2022). Analisis Perilaku Organisasi untuk Mencapai Efektivitas Organisasi pada ORMAWA Fakultas Ekonomi (UNG). AKASYAH-Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Audit Syariah (Vol. 2, Issue 1).
Muhlis, P. H., Dirham, & Dewi, S. R. (2024). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM terhadap Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Palopo. Edunomika. (Vol. 08, Issue 03).
Pratama, A. R., Rawati, M., Fajri, F., Oktaviany, K., & Messy. (2024). Dinamika Organisasi Mahasiswa : Pengembangan, Komitmen, dan Transformasi di Zaman Modern. Jurnal Manajemen dan Budaya. 4(2). https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya
Rahmawati, P. A., Samsuri, & Ismartaya. (2023). Pengaruh Pelatihan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Influence of Training, Motivation, and Work Environment on Employee Performance). Jurnal Visionida. 9(2).
Saharso, S. & Asda, K. S. (2024). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan Kerja, Dan Disiplin Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Karyawan (The Influence Of Competence, Job Training, And Work Discipline With Work Motivation As Mediation On Employee Performance). In Management Studies and Entrepreneurship Journal. 5(1), 3171–3183 http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Suciati, T. A., & Deswarta, D. (2024). Pengaruh Pelatihan Kerja, Tingkat Pendidikan, dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Karyawan Generasi Z di Selat Panjang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. 18(1). https://doi.org/10.35931/aq.v18i1.3008
Tarigan, J., Cahya, J., Valentine, A., Hatane, S., & Jie, F. (2022). Total reward system, job satisfaction and employee productivity on company financial performance: evidence from Indonesian Generation Z workers. Journal of Asia Business Studies, 16(6), 1041–1065. https://doi.org/10.1108/JABS-04-2021-0154
Yuliawan, E. (2011). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Balai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. 1(2).
Zillah, F., Husniati, R., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Pelatihan, Pengawasan, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan (The Influence of Training, Supervision, and Work Discipline on Employee Performance). Studi Ilmu Manajemen dan Organisasi (SIMO). 3(1), 213–232. https://doi.org/10.35912/simo.v3i1.677
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agnes Maria Veda, Rusli Ginting Munthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.